Lazada Indonesia bantu UKM jual produk ke luar negeri

Senin, 8 Agustus 2016 17:52 Reporter : Fauzan Jamaludin
Lazada Indonesia bantu UKM jual produk ke luar negeri Florian Holm, co-CEO Lazada Indonesia. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia saat ini tengah gencar mempromosikan UKM. Merujuk pada data yang dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, tahun ini terdapat 57,9 juta unit usaha kecil menengah, atau sekitar 23,2 persen dari total penduduk Indonesia yang saat ini kurang lebih berjumlah 255 juta jiwa. Sejalan dengan itu, kontribusi industri UKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) diperkirakan mencapai 58,92 persen.

Dengan semakin meningkatnya ragam usaha yang dirintis oleh pengusaha lokal, kompetisi yang semakin tinggi memicu industri UKM untuk memikirkan alternatif cara dalam memasarkan produknya. Salah satunya adalah melalui platform bisnis elektronik (e-commerce).

Hal tersebut secara tidak langsung juga akan mendorong para pelaku UKM untuk lebih inovatif dan kreatif. Industri UKM di Indonesia diyakini siap untuk memetik keuntungan dari transformasi digital yang terjadi saat ini. Melihat hal itu, Lazada menyediakan platform pemasaran secara online sebagai alternatif memperluas jaringan jual produk lokal berkualitas tinggi.

"Komitmen Lazada adalah untuk dapat mengembangkan para pelaku UKM di Indonesia dengan memberikan akses terhadap lebih banyak konsumen dan tidak hanya di Indonesia. Kami percaya bahwa dengan mendukung pertumbuhan dan kualitas pelaku UKM melalui ecommerce dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia dan meningkatkan kualitas industri e-commerce tanah air," jelas Florian Holm, co-CEO Lazada Indonesia saat acara konferensi pers kegiatan Buatan Indonesia di kantornya, Jakarta, (08/08).

Dikatakannya, pihaknya pun tengah mencoba untuk menjual barang hasil produksi dari Indonesia ke luar negeri melalui Lazada Malaysia. Dipilihanya Malaysia sebagai proyek ujicoba mereka lantaran karakteristik pasar antara Indonesia dengan Malaysia tak berbeda jauh. Namun, pihaknya mengatakan jika pilot project ini berjalan mulus, maka pihaknya akan meneruskan cara ini ke negara-negara lain.

"Inisiatif kegiatan Buatan Indonesia dilakukan dengan tujuan untuk mempromosikan UKM dari platform marketplace Lazada Indonesia yang sukses dengan memproduksi sendiri barang yang mereka jual belikan. Kegiatan ini juga mengawali proyek pertama untuk menjual barang hasil produksi dari Indonesia ke luar negeri melalui Lazada Malaysia," terangnya.

Lazada Indonesia akan mempromosikan 12 penjual yang memproduksi produk mereka sendiri. Sedangkan lima produk yang dijual melalui Lazada Malaysia sudah dapat dibeli oleh konsumen belanja online di Malaysia sejak 4 Agustus lalu. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. E Commerce
  2. Digital Startup
  3. Lazada
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini