Laporkan kerusakan Facebook, blogger ini diganjar Rp 150 juta!

Jumat, 13 Februari 2015 10:03 Reporter : Bramy Biantoro
Laporkan kerusakan Facebook, blogger ini diganjar Rp 150 juta! facebook. © MSN.com

Merdeka.com - Demi keamanan jejaring sosialnya, Facebook rela menggelontorkan uang yang tidak sedikit. Demikian halnya, saat seorang blogger menemukan sebuah lubang keamanan Facebook yang bisa dimanfaatkan oleh hacker nakal.

Blogger tersebut adalah Laxman Muthiyah. Dia menjadi orang pertama yang menemukan sebuah 'bug' atau kesalahan sistem yang memungkinkan seorang hacker menghapus foto pengguna Facebook lain tanpa diketahui.

Cara eksploitasi bug tersebut juga tergolong mudah. Yang perlu dilakukan hacker adalah memasukkan nomor ID dari foto yang ingin dihapus di sebuah kode Facebook yang rusak tadi.

Menurut Mashable (12/02), bug ini bermula dari masalah Graph API (software HTTP) milik Facebook. Sejatinya, Graph API mengharuskan seorang hacker untuk memasukkan kode tertentu untuk bisa menghapus data Facebook.

Akan tetapi, bug yang ditemukan Laxman tadi mampu meloloskan hacker dengan mudah untuk bisa menghapus foto di Facebook.

Sebagai 'ucapan' terimakasih, Facebook kabarnya memberikan uang Rp 150 juta lebih bagi Laxman. Nominal hadiah yang sangat besar hanya untuk melaporkan sebuah 'bug'. [bbo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini