Laju penetrasi internet Indonesia sangat rendah, ini hambatannya

Sabtu, 7 September 2013 19:59 Reporter : Arif Pitoyo
Ilustrasi Internet. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Laju penetrasi Internet di Indonesia masih sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai hambatan, di antaranya belum terbangunnya infrastruktur telekomunikasi pendukung yang memadai terutama untuk wilayah timur Indonesia.

Kendala lainnya, menurut id-igf.or.id, antara lain masih mahalnya biaya pemakaian Internet karena masih tingginya biaya interkoneksi internasional sampai dengan interkoneksi lokal (last mile), masih kecilnya bandwidth saluran internet di Indonesia, dan masih kecilnya penetrasi komputer di Indonesia.

Hasil kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi Dunia mengenai Masyarakat Informasi (World Summit on the Information Society WSIS) tahun 2003 dan 2005, diharapkan seluruh negara di dunia menindak lanjuti Rencana Aksi (Action Plan) pembangunan dunia menuju masyarakat informasi yang menitik beratkan kepada kesejahteraan manusia dengan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Rencana aksi tersebut menyatakan di antaranya pada tahun 2015 diharapkan minimal separuh penduduk dunia harus sudah bisa mengakses informasi dengan menggunakan fasilitas TIK.

Kunci utamanya adalah terletak pada kesiapan infrastruktur TIK yang dipergunakan untuk mengakses informasi yaitu fasilitas akses informasi yang didukung oleh teknologi Internet.

Kemungkinan besar, masalah penetrasi internet akan dibahas dalam Forum Pengelolaan Internet (Internet Governance Forum IGF), yang mana dari Indonesia diwakili oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, Kementerian Kominfo, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Parekraf, Kementerian Perdagangan, Dewan TIK Nasional, ICT Watch, PANDI, Asosiasi Penyelenggara Internet Teleponi (APITI), Air Putih, Federasi Teknologi Informasi Indonesia, Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM), dan lain-lain.

Baca juga:
Telkom berjanji beri layanan maksimal di desa-desa terpencil
Petisi online mulai kecam tes keperawanan di Indonesia
Internet berpengaruh besar pada pilihan mobil yang akan dibeli
Petisi online untuk selamatkan Majapahit

Topik berita Terkait:
  1. Internet
  2. Internet Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini