Kritik pemerintah, blogger Vietnam dipenjara

Jumat, 21 Maret 2014 05:08 Reporter : Alvin Nouval
Kritik pemerintah, blogger Vietnam dipenjara Vietnam. © kienthuc.net.vn

Merdeka.com - Kebebasan berekspresi nampaknya masih sulit didapatkan di Vietnam. Salah seorang aktivis internet yang kerap berpendapat lewat blognya baru saja ditangkap dan terancam hukuman penjara.

Seperti yang dilansir Mashable (19/3), blogger Vietnam itu disebutkan pihak berwajib telah melanggar kebebasan demokrasi dengan blog postnya yang terang-terangan menentang pemerintah. Oleh karenanya, blogger 62 tahun dengan nama Pham Viet Dao tersebut harus mendekam di balik jeruji besi selama 15 bulan.

"Terdakwa bertingkah berbahaya, menyebabkan kecemasan dalam publik dan mengurangi kepercayaan rakyat terhadap pemerintah dan Partai (Komunis)," kata Hakim Ngo Tu Hoc yang memutuskan hukuman tersebut setelah sidang dua jam.

Dao diketahui bukan satu-satunya blogger yang ditangkap karena hal itu di Vietnam. Sebelumnya, blogger sekaligus jurnalis bernama Truong Duy Nhat juga dihukum dua tahun dengan tuntutan yang sama.

Apa yang dialami Dao sendiri mengingatkan kita pada kasus Prita Mulyasari yang dituntut penjara oleh RS Omni Internasional. Saat itu, kritik Prita lewat surat terbuka di internet ditanggapi negatif oleh RS Omni sehingga harus berakhir di depan hakim. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Internet
  2. Vietnam
  3. Blogger
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini