KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Korsel: Korut yang retas kami Maret silam

Kamis, 11 April 2013 00:32 Reporter : Alvin Nouval
hacker. © Cnet.com

Merdeka.com - Serangan terhadap dua jaringan bank besar dan beberapa media Korea Selatan sudah diketahui dalangnya. Menurut penelusuran, saudara mereka, Korea Utara lah pelakunya.

Seperti yang dilansir oleh ZDNet (10/4), sebuah penyelidikan menyeluruh terhadap serangan cyber ini akhirnya menemui titik terang. Diketahui bahwa serangan peretas berskala besar ini merupakan ulah dari Reconnaissance General Bureau milik militer pemerintah Korea Utara.

Hal ini pun dinyatakan secara terang-terangan oleh para peneliti serangan yang terjadi akhir bulan lalu ini. "Serangan ini sudah dipersiapkan dan dimatangkan dengan baik oleh Korea Utara," kata seorang juru bicara KISA (Korea Internet and Security Agency).

Selain itu, disebutkan pula kalau serangan terencana ini memang berasal dari Korea Utara. "Kami telah mengumpulkan berbagai bukti yang menyimpulkan kalau Reconnaissance General Bureau merupakan dalang dibalik semua ini, telah mempersiapkannya selama delapan bulan," lanjutnya.

Dari penelusuran ini, diketahui bahwa pola serangan cyber terbesar di Semenanjung Korea ini terlaksana dari 19 tempat berbeda di 10 negara termasuk Korea Utara. Dari ke 49 tempat tersebut, ternyata 22 di antaranya berasal dari Korea Utara.

Akibat serangan ini sendiri, hampir 49 ribu mesin termasuk PC, ATM, hingga komputer server rusak total.

Memang, sejak Korea Selatan melakukan latihan militer gabungan dengan Amerika Serikat, kenyamanan di Semenanjung Korea mulai terusik. Korut menganggap bahwa latihan ini merupakan upaya untuk menginvasi negaranya. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Korea Utara
  2. Korea Selatan
  3. Hacker
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.