KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Konsumen: harga smartphone lebih penting dibanding merk

Jumat, 21 September 2012 07:12 Reporter : Ikhwan Arief Prihastian
ilustrasi harga smartphone. ©2012 Theindianmobile.com

Merdeka.com - Harga ternyata menjadi faktor penentu orang ketika membeli smartphone. 71 persen responden menyatakan mereka dipengaruhi harga dan promosi ketika memutuskan membeli smartphone.

Pernyataan tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan Qualcom, produsen prosesor mobile, terhadap pengguna smartphone. Faktor harga ternyata lebih menentukan dibandingkan faktor brand/merek. Hanya 53 persen menilai brand sangat penting untuk membantu dalam memilih smartphone.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan beberapa perilaku lain konsumen saat membeli smartphone. Menurut informasi Mashable (20/09), 68 persen konsumen mengaku memperhitungkan baterai saat membeli, sedikit lebih banyak dari faktor kecepatan koneksi yang hanya dipilih 63 persen.

Responden ternyata juga memperhitungkan faktor besar layar dan sistem operasi yang digunakan smartphone. Sistem operasi yang dimiliki smartphone menjadi faktor penentu keputusan oleh 57 persen konsumen. Sedangkan ukuran layar dipertimbangkan oleh 50 persen responden.

Faktor faktor lain yang tidak diperhatikan konsumen saat memilih smartphone antara lain salesman (19 persen), iklan produk (23 persen) dan social media (33 persen). Konsumen tidak begitu memperhatikan faktor di atas saat memilih smartphone. [ikh]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.