Komunitas Tokko Semesta Hadir di Surabaya, Bantu UMKM Fokus Jualan Online

Selasa, 23 November 2021 10:32 Reporter : Syakur Usman
Komunitas Tokko Semesta Hadir di Surabaya, Bantu UMKM Fokus Jualan Online Peluncuran TOKKO Semesta di Surabaya, Jawa Timur. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Aplikasi pembuatan toko online, TOKKO, meluncurkan TOKKO Semesta di Surabaya, Jawa Timur, menyusul kesuksesan TOKKO Semesta Bandung yang dirilis pada Oktober lalu.

TOKKO Semesta adalah komunitas yang mewadahi dan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Peluncuran TOKKO Semesta di Surabaya bertujuan untuk mendorong lebih banyak UMKM di Jawa Timur, khususnya Surabaya supaya dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat mengembangkan usaha dengan berjualan online.

Peluncuran TOKKO Semesta ini dikukuhkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bersama manajemen TOKKO seperti Fandy Silalahi (VP of Community & Merchant Success TOKKO) dan Tri Sukma Anreianno (VP of MSME Growth).

Tri Sukma Anreianno, VP of MSME Growth TOKKO, menjelaskan pandemi memberikan tantangan bagi mayoritas UMKM, kebutuhan untuk go digital adalah keharusan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Namun, tantangan lain yang dihadapi MKM setelah go-digital tidak mudah, yaitu persaingan ketat di pasar online yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, dan pemahaman baik terhadap pelanggan agar merek mereka dapat terus bertahan.

"Untuk itu, dengan berbagai pendampingan yang ada di TOKKO Semesta, UMKM di Surabaya dapat lebih siap menghadapi kompetisi dengan meningkatkan kemampuan dan jaringan bisnisnya,” ujar Tri dalam jumpa pers daring, kemarin.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, dalam sambutannya menyampaikan, UMKM memiliki peran sangat vital dalam perekonomian Jawa Timur. Kontribusi UMKM pada PDRB Jawa Timur tahun lalu mencapai 57,25 persen atau setara Rp 1 triliun.

Artinya penguatan UMKM di Surabaya dan Jawa Timur secara keseluruhan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lebih pesat di daerah. Saya sangat mengapresiasi kontribusi TOKKO dalam mendorong kemajuan UMKM di Jawa Timur, sehingga daya saingnya dapat terus meningkat dan berjuang mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

“Saat ini Pemprov Jatim melakukan penguatan UMKM seperti kurasi produk melalui Rumah Kurasi BI yang merupakan satu-satunya di Indonesia, sertifikasi kurator oleh Kadin Indonesia, dan pendampingan agar usaha mereka dapat lebih dikenal dan maju. Di kesempatan ini, saya ucapkan selamat datang TOKKO Semesta di Jawa Timur, ayo rangkul lebih banyak UMKM di Jawa Timur dan terus mengambil bagian dalam upaya transformasi digital di Indonesia,” ujar gubernur.

2 dari 2 halaman

TOKKO Miliki 2,5 Juta Pengguna

peluncuran tokko semesta di surabaya jawa timur
©2021 Merdeka.com

TOKKO sebagai aplikasi pembuatan website resmi toko online untuk UMKM, hadir berbeda dari platform jualan online lain. Karena memberikan pemerataan akses bagi para pelaku usaha untuk menjual langsung kepada pelanggan, membantu membangun merek, dan memaksimalkan keuntungan dengan cara "Jualan Online Beneran".

Saat ini TOKKO memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia dari pelaku UMKM.

TOKKO Semesta rutin menghadirkan pelatihan bagi UMKM dengan materi, antara lain teknik pemasaran digital, membangun brand dan memperluas jangkauan dengan penentuan target pasar dan iklan digital, meningkatkan kualitas brand dengan pemahaman kekuatan produk, dan sebagainya.

Data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkopum) Surabaya mencatat, pada 2020-awal 2021, jumlah UMKM di Surabaya meningkat sebanyak 40 ribu atau 29 ribu UMKM baru. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur juga menyebutkan, potensi UMKM Jawa Timur sejumlah 9,7 juta UMKM merupakan potensi luar biasa dengan penyumbang pertumbuhan ekonomi Jawa Timur terbesar.

Fandy Silalahi, VP of Community & Merchant Success TOKKO, menambahkan sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah, TOKKO Semesta hadir untuk memberikan pelatihan gratis secara online dan offline pada komunitas-komunitas UMKM dan pebisnis di Surabaya.

"Kami harap dapat mendorong kemajuan ribuan UMKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing serta fokus jualan online bergabung di TOKKO Semesta. Saat ini, kami melakukan pendampingan lebih 40 komunitas UMKM di Surabaya, dan berkomitmen untuk memperluas jangkauan pendampingan ini ke seluruh wilayah di Jawa Timur untuk mendukung langkah sukses usaha mereka,” jelas Fandy.

Saat peluncuran TOKKO Semesta Surabaya, para pelaku usaha di Jawa Timur mendapat mentoring dari pebisnis sukses: Masterchef Deasy; pemilik usaha sambal legendaris Surabaya Bu Rudy Lany Siswadi; dan Edho Zell, pegiat sosial media yang memiliki usaha kuliner Nyapii.id dan Warteggratis. Para pebisnis ini sukses mengintegrasikan usaha offline dan online, pentingnya pemasaran digital untuk mendongkrak penjualan, serta manajemen customer.

Fandy menambahkan, komunitas TOKKO Semesta di Bandung mendapatkan antusiasme tinggi dan berhasil menjaring lebih dari 400 UMKM sejak diluncurkan September lalu. Kami di Surabaya bisa mengikuti Bandung. 

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini