Kirin 970, prosesor paling canggih dan paling bertenaga buatan Huawei

Senin, 4 September 2017 13:35 Reporter : Indra Cahya
Kirin 970, prosesor paling canggih dan paling bertenaga buatan Huawei Kirin 970. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Huawei baru saja meluncurkan chipset terbarunya di gelaran IFA 2017 di Berlin beberapa waktu yang lalu. Sang CEO, Richard Yu, menyebut bahwa chipset terbarunya ini akan lebih menitikberatkan soal "deep learning" serta AI, demi pengalaman terbaik penggunaan perangkat mobile.

Chipset terbaru yang bernama Kirin 970, rencananya akan pertama kali diusung oleh Huawei Mate 10 dan Huawei Mate 10 Pro.

Chipset ini dikembangkan bersama salah satu anak perusahaan Huawei, HiSilicon. Dibangun dalam teknologi 10 nanometer, Kirin 970 bisa menghasilkan kinerja 20 persen lebih baik ketimbang 960.

Namun sektor paling unik adalah chipset ini akan dipasangkan dengan GPU 12 inti yang bertenaga, dan NPU atau Neural Processing Unit, yang semata-mata didedikasikan untuk menangani tugas berbasis AI.

Tentu hal ini akan membuat kehadiran MAte 10 di Oktober mendatang makin ditunggu-tunggu. Pasalnya, para pecinta Android juga ingin dunia AI tak hanya diramaikan oleh Google Assistant, Siri, serta Bixby saja, karena Huawei juga diharapkan 'terjun' ke bidang serupa. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Huawei
  2. Smartphone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini