Kini bisa review calon perusahaan di JobStreet.com

Selasa, 24 Mei 2016 14:41 Reporter : Syakur Usman
Kini bisa review calon perusahaan di JobStreet.com Jobstreet.com. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - JobStreet.com, perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan di Asia, meluncurkan produk terbaru, yakni fitur 'Company Reviews'.

Fitur ini bertujuan memberikan informasi kepada pencari kerja mengenai latar belakang sebuah perusahaan secara transparan. Peluncuran fitur Company Reviews dilakukan bertepatan dengan peringatan 10 tahun kehadiran JobStreet.com di Indonesia.

Jake Andrew, Chief Product Officer SEEK Asia, induk JobStreet.com, menjelaskan fitur Company Reviews mudah digunakan oleh para pekerja untuk memberikan ulasan mengenai perusahaan dan lingkungan kerja mereka. Ulasan tersebut dapat dijadikan acuan bagi para pencari kerja untuk mengetahui latar belakang sebuah perusahaan dalam proses melamar pekerjaan.

"Setiap pencari kerja tentu berupaya mencari tahu tentang perusahaan yang dilamar. Terkadang mereka mendapat informasi yang kurang tepat, karena informasi diberikan oleh orang yang belum pernah bersinggungan dengan perusahaan yang dilamarnya. Dengan memanfaatkan fitur Company Reviews, pencari kerja akan mengetahui hal-hal berkaitan dengan perusahaan yang dilamar karena pemberi informasi adalah para pekerja dan mantan pekerja di perusahaan tersebut," ujar Andrew dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (24/5).

Kata Andrew, pemberi informasi perusahaan tidak usah khawatir, karena identitas mereka dirahasiakan. Apalagi semua ulasan bersifat anonim. Di sisi lain, perusahaan juga dapat memberikan tanggapan terhadap ulasan yang tersedia.

"Perbincangan mengenai lingkungan kerja biasanya dilakukan secara kasak-kusuk dan tertutup di antara teman-teman sendiri. Fitur Company Reviews menjadikannya terstruktur dan tempat berkumpul, di mana semua perbincangan tersebut terjadi secara transparan. Ulasan-ulasan yang diberikan dimonitor agar memenuhi aturan komunitas yang dibuat oleh Jobstreet.com. Jadi ulasan-ulasan tersebut akan bermanfaat bagi pencari kerja di Indonesia, sekaligus menghindari spam dan penyalahgunaan," ucap dia.

Bagaimana cara menggunakan fitur Company Reviews?

Caranya mudah. Langkah pertama kunjungi web JobStreet.com. Saat berada di halaman utama, pencari kerja dapat meng-klik kotak di sebelah kanan yang bertuliskan 'Beri penilaian sekarang'.

Selanjutnya, pencari kerja dapat memberikan ulasan tentang perusahaan mengenai hal baik dan hal yang perlu diperbaiki. Selain itu, pencari kerja juga dapat memberikan penilaian dengan memberikan nilai (berupa bintang) terhadap beberapa hal, antara lain peluang pengembangan karier, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, lingkungan bekerja, jajaran manajemen, tunjangan dan fasilitas, serta tingkat stres.

Berdasarkan riset JobStreet.com terhadap lebih dari 10.000 pencari kerja di Indonesia, 3.500 responden menyatakan bahwa generasi Y akan berpindah kerja, setelah 12 bulan dengan alasan tidak merasa bahagia, perkembangan karir yang lebih pesat, dan tunjangan gaji yang lebih besar.

Pemicu dari alasan-alasan tersebut adalah pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat, lingkungan yang kurang sesuai, atau hubungan yang tidak harmonis dengan atasan.

"Jika dicermati, mudahnya generasi Y memutuskan pindah kerja disebabkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang dialami di perusahaan. Hal ini bisa jadi disebabkan mereka menerima informasi yang tidak sahih mengenai perusahaan saat mereka melamar. Fitur Company Reviews hadir untuk meminimalisasi informasi yang tidak tepat tersebut, sehingga pekerja pun lebih siap dengan kerja dan lingkungan kerja mereka," tambah Faridah Lim, Country Manager JobStreet.com Indonesia.

JobStreet.com adalah pempimpin di industri situs pencari kerja yang beroperasi di Malaysia, Singapura, Hong Kong, Thailand, Filipina, Indonesia dan Vietnam. Sebanyak 230.000 perusahaan dan 15 juta pencari kerja telah terdaftar di database JobStreet.com. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
  3. Internet
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini