Khawatir Penggunaan iPhone Berlebihan, Tim Cook Ciptakan Fitur Baru

Selasa, 12 Oktober 2021 14:20 Reporter : Merdeka
Khawatir Penggunaan iPhone Berlebihan, Tim Cook Ciptakan Fitur Baru Logo Apple. ©2019 sefsed.com

Merdeka.com - Tim Cook dalam sebuah wawancara menaruh perhatian lebih pada penggunaan perangkatnya. CEO Apple itu menceritakan tentang kekhawatirannya bagi pengguna yang memakai perangkat teknologinya terlalu sering. Untuk itu, Apple pun mengembangkan fitur seperti Screen Time, sehingga pengguna dapat memantau aktivitas di perangkatnya.

"Fitur Screen Time untuk memberitahu orang-orang waktu sebenarnya yang mereka habiskan di perangkatnya, karena biasanya, jumlah itu jauh lebih banyak dari yang mereka katakan," tutur Tim seperti dilaporkan Tech Spot, Selasa (12/10).

Selain itu, dia juga ingin agar konsumen Apple untuk memanfaatkan perangkatnya secara lebih produktif dan terhubung dengan orang lain. Sebagai contoh, untuk fotografi atau berkomunikasi dengan keluarga maupun teman lewat FaceTime, tak sekadar scrolling media sosial tanpa henti.

Ia pun mengatakan, teknologi seharusnya yang melayani manusia dan buka sebaliknya. Tim pun menyuarakan dukungannya pada Shine, aplikasi yang didesain untuk membantu pengguna melawan stigma soal kesehatan mental.

Sebagai informasi, kreator mekanisme infinte scrolling di media sosial, Aza Raskin, memang pernah mengutarakan permintaan maaf atas temuannya. Ia menyesal dengan temuannya membuat mekanisme scrolling yang ternyata membawa dampak negatif.

Awalnya, ia mengatakan, tujuannya membuat mekanisme tersebut adalah menciptakan pengalaman semulus mungkin untuk pengguna. Namun hal itu kini berubah menjadi alat untuk mengajak pengguna agar tetap online selama mungkin. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Apple
  3. IPhone
  4. Tim Cook
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini