Keunggulan Huawei Mate 30 Pro, Kamera Terbaik Tanpa Aplikasi Google

Jumat, 20 September 2019 05:42 Reporter : Indra Cahya
Keunggulan Huawei Mate 30 Pro, Kamera Terbaik Tanpa Aplikasi Google Huawei Mate 30 Pro. ©2019 Huawei via Phone Arena

Merdeka.com - Setelah diterpa berbagai rumor, akhirnya Huawei resmi memperkenalkan Mate 30 Pro. Ini adalah flagship terbaru di paruh kedua 2019 yang siap berkompetisi dengan Samsung Note 10 dan juga iPhone 11 Pro.

Ini adalah suksesor (yang benar-benar sukses) dari Mate 20 Pro, dengan mempertahankan beberap fitur dan menambahkan deretan aspek yang luar biasa.

Nah, mari kita simak deretan keunggulan dari lagship terbaru besutan Huawei ini. Melansir Phone Arena, simak yuk!

1 dari 7 halaman

Horizon Display

Sejak awal 2018 lalu, Huawei gemar merilis flagship dengan layar lengkung. Pilihan desain ini dipasang di Mate 20 Pro, P30 Pro, dan kali ini di Mate 30 Pro.

Kali ini, layar lengkungnya dikonsep jauh ebih canggih. Diberi nama Horizon Display, ini adalah layar dengan bentang 6,5 inci dengan lengkungan 88 derajat yang benar-benar meninggalkan sedikit ruang untuk tombol fisik.

Akhirnya, tombol volume terpaksa dibuang dan volume bisa dinaik-turunkan dengan cara ketuk dua kali di bagian samping layar.

Panel layarnya menggunakan OLED dengan rasio refresh standar 60Hz. Di layarnya terdapat teknologi Sound-on-Display yang menggantikan speaker telinga.

Soal kualitas, terdapat resolusi 2400 x 1176 piksel. Angka ini turun daru generasi sebelumnya, namun perubahan ini berbuah ketahanan baterai yang makin baik.

2 dari 7 halaman

Dapur Pacu

Di sisi dapur pacu, terdapat prosesor Kirin 990 5G yang dipadu RAM 8GB dan juga storage 256GB.

Kirin 990 sendiri adalah chipset pertama di industri smartphone yang terdiri dari 10,3 miliar transistor. Hal ini membuatnya bertenaga secara performa, namun efisien daya.

Prosesor Kirin 990 5G ini mendukung delapan frekuensi 5G. Ini adalah yang terbaik, di mana Note 10 5G hanya mendukung 3 frekuensi.

3 dari 7 halaman

Sistem Biometrikasi

Salah satu fitur populer di Mate 20 Pro tahun lalu adalah sistem pemindai wajah 3D. Disebut bahwa saingan Face ID tersebut juga akurat dan cepat dalam memindai wajah untuk masuk ke laman home smartphone.

Nah, fitur ini dipertahankan di Mate 30 Pro. Namun, terdapat sebuah notch atau poni yang melebar di bagian atas bezelnya.

Mate 30 Pro juga tetap menyematkan pemindai sidik jari dalam layar yang kini lebih cepat dan akurat ketimbang pendahulunya.

Tak cuma itu, terdapat juga fitur Air Gestures yang telah disempurnakan setelah sukses jadi salah satu fitur menarik di Mate 20 Pro.

4 dari 7 halaman

Kamera

Kamera adalah aspek yang diunggulkan oleh Huawei di Mate 30 Pro. Konfigurasi kameranya berupa kamera utama 40MP dengan bukaan f1.6, yang mendukung stabilisasi optikal. Ini dipadu dengan sensor Timeof-Flight dan juga kamera telephoto 8MP f2.4 yang mendukung 3x optical zoom, 5x hybrid zoom, dan 30x digital zoom.

Terdapat juga sebuah kamera 40MP super wide-angle dengan nama Super Sensing Cine Camera dengan bukaan f1.8. Kamera ini mendukung cakupan pengambilan gambar yang lebih luas dalam satu kali jepret atau video.

Kamera ini dapat digunakan untuk merekam video 4K di 60fps, serta slow-motion 960fps di resolusi Full HD. Bahkan dengan bantuan software, sebuah video ultra slow-motion dengan 7680fps bisa didapatkan dalam resolusi HD.

Selebihnya, Huawei memperkenalkan live bokeh di video serta Super Night Scene yang merupakan pembaruan dari Night Mode yang telah ada sebelumnya di Huawei.

5 dari 7 halaman

Baterai

Soal baterai, Huawei menyematkan kapasitas 4.500mAh yang didukung fast charger 40W SuperCharge. Tak cuma itu, terdapat juga SuperWirelessCharge 27W.

Fitur besutan Huawei di generasi sebelumnya yakni reverse wireless charging pun dipertahankan.

6 dari 7 halaman

Tanpa Aplikasi Google

Telah dikonfirmasi bahwa Huawei Mate 30 Pro maupun Mate 30 tidak akan menggunakan aplikasi Google. Sistem operasinya masih menggunakan EMUI 10 yang berbasis Android 10, namun tak ada layanan dan aplikasi Google seperti Google Maps, Google Chrome, serta Play Store.

Anda akan berselancar internet lewat Huawei Browser serta mengunduh aplikasi dari Huawei AppGallery yang diklaim punya 45.000 aplikasi di dalamnya. Ini adalah angka yang kecil dibanding Play Store yang punya 2,7 juta aplikasi.

7 dari 7 halaman
Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Huawei
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini