Keunggulan dan Spesifikasi Realme XT, Performa dan Kamera Apik Harga Murah

Senin, 14 Oktober 2019 13:15 Reporter : Indra Cahya
Keunggulan dan Spesifikasi Realme XT, Performa dan Kamera Apik Harga Murah Realme XT. ©2019 androidauthority.com

Merdeka.com - Realme adalah salah satu pemain di pasar smartphone yang menyasar segmen entry-level dan mid-range. Nah, salah satu smartphone upper mid-range yang kini telah dipasarkan di India adalah Realme XT.

Realme XT mencuri perhatian bulan lalu, kala menjadi smartphone pertama dengan kamera 64MP. Selain itu, terdapat deretan keunggulan lain seperti di sektor desain, serta pengecasan baterai yang cepat.

Nah, berikut deretan keunggulan dari Realme XT, seperti dikutip dari Android Authority.

1 dari 6 halaman

Desain

Dari segi desain, Realme XT datang dengan elegan. Pasalnya, smartphone ini mengusung bodi kaca dengan sentuhan protekni Gorilla Glass 5 yang melindunginya dari baret. Terdapat pula pola gradien yang membuatnya terasa makin elegan.

Realme XT memilki desain serupa dengan smartphone Realme lain sebelumnya. Memiliki panel layar 3D curved dengan efek 'hyperbola light streak'.

Karena telah menggunakan pemindai sidik jari dalam layar, bagian belakang dari smartphone ini mulus dan hanya terisi panel kamera saja di bagian kiri atasnya.

Terdapat pula waterdrop notch yang cukup kecil, sehingga tak mengganggu lebarnya layar untuk menikmati konten multimedia dari smartphone ini.

2 dari 6 halaman

Layar

Layar dari smartphone ini di atas kertas sudah sangat baik. Dibuktikan dari panelnya yang mengusung Super AMOLED dengan resolusi 2.340x1.080 piksel (402 dpi), dengan rasio aspek 19,5:9.

Panel AMOLED sudah terbukti akan memberi tampilan yang lebih cerah dengan kontras yang baik. Terlebih lagi layar ini telah mendukung codec Widevine L1 yang akan menampilkan konten resolusi tinggi dengan lebih baik.

Jika dibandingkan dengan deretan mid-range lainnya dengan harga tiga jutaan, penggunaan AMOLED membuat Realme XT jadi salah satu yang unggul.

3 dari 6 halaman

Performa

Realme XT mengusung prosesor papan tengah terbaik saat ini yakni Snapdragon 712. Untuk saat ini, smartphone dengan prosesor serupa adalah Vivo Z1x.

Jika dibandingkan dengan smartphone berprosesor Snapdragon 710, performa CPU dari 712 akan lebih baik dengan daya yang dikeluarkan dengan jumlah yang sama. Prosesor ini dipadu dengan pilihan RAM 4/6/8GB.

Soal kemampuan bermain gim, Realme XT disebut cukup baik dalam menangangi gim berat. Dengan GPU Adreno 616 yang mampu mendorong grafis gim ke posisi terbaik. Gim-gim seperti PUBG akan berjalan dengan baik meski akan ada sedikit turunnya frame kala panas.

4 dari 6 halaman

Baterai

Baterai adalah salah satu keunggulan dari Realme XT. Kapasitasnya memang standar yakni 4.000mAh, namun dipadu dengan dukungan fast charging VOOC 3.0 lengkap dengan charger 20W yang langsung jadi bawaan dalam kotak.

Dalam pengecasan, dibutuhkan waktu hanya 30 menit untuk membawa baterai dari nol hingga separuh. Untuk mengisi penuh, dibutuhkan waktu tak sampai satu setengah jam.

5 dari 6 halaman

Kamera

Kamera jadi keunggulan terbaik dari Realme XT. Terdapat empat buah kamera yang sensor utamanya mengusung 64MP.

Kamera utama ini menggunakan sensor besutan Samsung yakni ISOCELL GW1 yang memiliki ukuran 34 persen lebih besar ketimbang sensor 48MP. Sensor ini menggunakan teknologi 4-in-1 pixel binning untuk menghasilkan gambar berkualitas 16MP.

Kamera utama ini dipadu deretan sensor masing-masing beresolusi 8MP (ultrawide), 2MP (depth camera), dan 2MP (lensa makro).

Smartphone ini juga memiliki nigh mode atau modus malam, yang mengkombinasikan deretan gambar dan juga eksposur yang panjang agar cahaya masih lebih banyak. Jadi, jika Anda punya tangan dengan genggaman kuat dan tidak goyang, foto di kondisi malam hari akan sangat baik.

6 dari 6 halaman

Harga Realme XT

Soal harga, smartphone ini dijual dengan harga mulai dari 15.999 rupee (Rp 3,1 juta) di India. Berikut harga Realme XT untuk semua varian:

  • Realme XT: 4GB RAM, 64GB storage — 15.999 rupee (setara Rp 3,1 Juta)
  • Realme XT: 6GB RAM, 64GB storage — 16.999 rupee (setara Rp 3,3 Juta)
  • Realme XT: 8GB RAM, 128GB storage — 18.999 rupee (setara Rp 3,8 Juta)
[idc]

Baca juga:
Redmi Note 8 Series Diperkenalkan di Indonesia 17 Oktober Mendatang
Motorola Akan Segera Rilis Smartphone Kamera Selfie Popup 32MP
Smartphone Ini Bisa Mengecas Dari Nol Sampai Penuh Dalam 30 Menit!
Begini Sebab Ponsel Ilegal Masih Marak
Rayakan Satu Tahun, Realme Optimis Jadi 4 Besar Indonesia
Ini Deretan Fitur yang Dirumorkan Muncul di iPhone 12 Series!
Google Akan Beri Sertifikasi Smartphone Gaming Berbasis Android

Topik berita Terkait:
  1. Realme
  2. Smartphone
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini