KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Kesadaran masyarakat akan bahaya peretasan masih rendah

Kamis, 21 Maret 2013 08:15 Reporter : Alvin Nouval
Ilustrasi Hacker. www.freedigitalphotos.net

Merdeka.com - Kesadaran masyarakat akan keamanan data di perangkat elektronik nampaknya perlu ditingkatkan. Hal ini yang coba disampaikan oleh dosen teknik informatika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Hamid.

Jika tidak dibangun kesadaran tersebut, ditakutkan masyarakatlah yang akan dirugikan. Sebagai contoh, sebelum menjual sebuah perangkat elektronik, ada baiknya segala data yang pernah tersimpan di sana sudah dipastikan bersih.

"Hal itu penting agar masyarakat mempunyai kesadaran untuk menghapus data yang tersimpan di perangkat elektronik secara sempurna terlebih dulu sebelum dijual. Hal itu untuk mencegah dan menghindari penyalahgunaan data," katanya kepada Antara.

Menurut Hamid, menghapus data saja tidak cukup, karena masih ada kemungkinan orang lain untuk mengembalikan data yang sudah terhapus tersebut. "Masyarakat sering lalai menghapus data yang tersimpan di perangkat elektronik secara sempurna sebelum dijual. Padahal data yang sudah terhapus masih bisa dikembalikan (recovery) dengan metode tertentu," tutur Hamid.

Lebih lanjut, Hamid pun memberikan contoh bagaimana kasus-kasus seputar lemahnya kesadaran keamanan ini sering terjadi. Sebagai contoh, munculnya berbagai foto-foto pribadi di publik adalah akibat tidak mengindahkan dampak seperti ini.

"Masyarakat biasanya menjual perangkat elektronik itu tanpa membersihkan secara sempurna data yang mereka simpan maupun data yang sudah dihapus di perangkat tersebut. Akibatnya banyak terjadi kasus penyebaran foto pribadi atau kebocoran data rahasia perusahaan," katanya.

Oleh karenanya, Hamid menekankan sekali lagi agar masyarakat lebih waspada lagi terhadap seluruh perangkat elektronik yang mereka miliki terlebih ponsel, laptop, dan komputer. Harus diperhatikan apakah data yang mereka miliki masih aman dan tidak akan jatuh ke tangan yang tidak berkepentingan. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Hacker
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.