TeknoTips

Kenapa Mozilla Firefox rakus memori dan bagaimana mengatasinya

Selasa, 7 Oktober 2014 12:03 Reporter : Dwi Andi Susanto
Kenapa Mozilla Firefox rakus memori dan bagaimana mengatasinya firefox. © 3jokes.com

Merdeka.com - Untuk mengetahui ekstension dan theme mana saja yang dapat mengakibatkan Firefox rakus akan memori, disarankan untuk menjalankan peramban ini dalam Safe Mode kemudian mengetikkan "about:memory" pada bar alamat. Dari halaman "about:memory," Anda dapat mengetahui berapa memori yang dikonsumsi oleh tiap-tiap website, script sampai dengan ekstension dan theme.

Untuk itu, disarankan untuk menonaktifkan ekstension dan theme yang dapat membuat Firefox rakus, Anda juga perlu untuk tidak mengakses situs-situs yang menampilkan banyak gambar secara penuh.

Memang ada kalanya sang pembuat situs memecah-mecah tampilan dasar atau background dalam beberapa bagian agar browser tidak terasa berat ketika menampilkannya satu persatu. Namun ada juga website yang secara langsung dibuat dengan background penuh atau tanpa potongan. Hal inilah yang membuat peramban bekerja keras dan tentunya membutuhkan pasokan memori lebih dalam menampilkannya.

Selain itu, website dengan banyak iklan dan pop up serta tampilan gerak, juga dapat membuat memori terpangkas. Tidak hanya itu saja, script-script khusus juga merupakan faktor yang membuat browser bekerja keras dan butuh memori besar.

Oleh karenanya, Anda perlu menginstal beberapa plugin yang dapat memblokir tampilan iklan, flash dan juga tidak mempersilakan beberapa script khusus untuk bekerja. Hal ini berfungsi agar browser dapat secara cepat merespon dan menampilkan bagian yang utama dari website yang bersangkutan. [das] SELANJUTNYA SEBELUMNYA

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini