Kenali sebelum peringati! Ini 4 fakta tersembunyi dari Hari Bumi

Rabu, 22 April 2015 09:18 Reporter : Bramy Biantoro
Kenali sebelum peringati! Ini 4 fakta tersembunyi dari Hari Bumi Ilustrasi Hari Bumi. ©Shutterstock/Milleflore Images

Merdeka.com - Hari Bumi telah menjadi fenomena global yang sangat penting bukan hanya bagi umat manusia, tetapi juga alam. Di tanggal 22 April ini, banyak orang yang saling mengingatkan satu sama lain untuk menjaga lingkungan.

Cukup hebat bukan? Sayangnya, banyak yang belum tahu beberapa fakta penting di balik kemunculan Hari Bumi. Empat hal ini di antaranya.

1 dari 4 halaman

Hari Bumi lahir akibat pencemaran minyak

Tumpahan Minyak. ©REUTERS/Athit Perawongmetha

Ide pertama tentang Hari Bumi muncul di tahun 1970 di Wisconsin Amerika. Pencetusnya adalah Gaylord Nelson yang ketika itu sangat miris melihat dampak lingkungan parah yang diakibatkan oleh tumpahan minyak di Santa Barbara California tahun 1969.

Nelson pun memulai sebuah organisasi berbasis pemanfaatan teknologi yang kemudian mengedukasi masyarakat umum tentang pentingnya menjaga alam.

2 dari 4 halaman

Hari Bumi telah kuasai bumi

Ilustrasi Hari Bumi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Toria

Selang tiga puluh tahun dari pertama kali dicetuskan, Hari Bumi telah diperingati oleh sebagian besar penduduk Bumi. Di tahun 2000 silam misalnya, tercatat 5.000 organisasi lingkungan dan 184 negara ikut serta dalam kampanye Bumi Hijau.

Jumlah itu pun terus meningkat, di Indonesia sendiri diperkirakan jutaan orang ikut dalam peringatan Hari Bumi setiap tahunnya.

3 dari 4 halaman

Hari Bumi ciptakan miliaran pohon baru

Pohon. © Dailymail.com

Untuk mencegah kerusakan bumi, banyak orang di dunia yang menggalakkan penanaman hutan kembali atau reboisasi di berbagai penjuru bumi. Hasilnya, setiap tahun jumlah pohon di bumi terus meningkat drastis.

Salah satu contoh yang paling hebat adalah di tahun 2010 lalu, di mana untuk memperingati 40 tahun Hari Bumi, organisasi Earth Day Network membuat kampanye menanam 1 miliar lebih pohon yang berhasil tercapai di tahun 2012.

4 dari 4 halaman

Hari Bumi bisa mengakhiri penggunaan BBM

Ilustrasi BBM Turun. ©2015 Merdeka.com

Bersamaan dengan peringatan Hari Bumi, beberapa ilmuwan dan pakar ekonomi dunia yang tergabung dalam organisasi 'Earth League' mendesak PBB untuk membantu mengakhiri penggunaan minyak bumi.

Ya, menurut Earth League, tiga per empat cadangan minyak yang masih tersimpan dalam perut bumi tidak boleh diambil. Jika hal itu dilanggar, maka polusi udara dan pemanasan global bisa semakin parah.

"Ini adalah mimpi buruk, Kita tidak tahu kapan Bumi bisa berubah dari teman menjadi lawan dalam waktu singkat. Kita harus menekan emisi karbon dari bahan bakar minyak (BBM) dalam 10-15 tahun mendatang," ujar Johan Rockstrom, salah satu anggota Earth League, The Guardian (22/04).

Bila desakan Earth League itu disetujui PBB, berarti kita bisa kehilangan BBM lebih awal. Pertanyaannya, apakah Anda tetap mendukung Hari Bumi? [bbo]

Baca juga:
Di Hari Bumi, Google ajak netizen pelajari alam lewat kuis seru
Ditemukan cahaya hijau misterius di PLTN Fukushima
Bumi diklaim pernah 'santap' planet seukuran Merkurius
Rekor baru, paus ini berenang sejauh 22 ribu kilometer tanpa makan!

Topik berita Terkait:
  1. Hari Bumi
  2. Penelitian
  3. Top List
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini