Kemkominfo: Mesin CEIR Bisa Digunakan Normal

Selasa, 13 Oktober 2020 08:13 Reporter : Fauzan Jamaludin
Kemkominfo: Mesin CEIR Bisa Digunakan Normal ilustrasi Smartphone. ©2017 mashable.com

Merdeka.com - Beberapa waktu lalu, sempat ramai beredar kabar kapasitas mesin CEIR (Centralized Equipment Identity Register ) yang dipakai untuk mendaftarkan IMEI perangkat HKT di Indonesia hampir penuh.

Hal ini berimbas pada keluhan vendor smartphone yang tidak bisa mendaftarkan IMEI ponsel besutannya. Salah satu vendor yang angkat bicara adalah Mito Mobile.

"Ini sangat berdampak terhadap kelangsungan industri kami. Kami bisa terkena resesi lebih cepat jika system ini tidak cepat diperbaiki. Padahal ponsel kami resmi. Semestinya tidak terblokir," ungkap Hansen, CEO Mito Mobile dalam keterangan persnya, Selasa (13/10).

Jika persoalan ini terus berlanjut dan tak kunjung ada solusi cepat, Hansen khawatir akan terjadi resesi Tsunami di industri ponsel. Ia berharap pihak terkait yang berkenaan dengan pengelolaan CEIR untuk bisa segera memberikan solusi.

Berkenaan dengan hal itu, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo, Ismail, membantah CEIR dalam kondisi hampir penuh. Data IMEI perangkat HKT produksi dan impor terbaru sampai dengan tanggal 10 Oktober sudah dimasukkan ke CEIR.

"Sudah diupload data IMEI ponsel baru yang kemarin sempat tertunda," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Terus Dilakukan Penyempurnaan Sistem...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Smartphone
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini