Kemenangan semu? Apple sukses larang Samsung jualan smartphone jadul

Selasa, 19 Januari 2016 20:05 Reporter : Bramy Biantoro
Kemenangan semu? Apple sukses larang Samsung jualan smartphone jadul Apple. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Perang Apple san Samsung soal hak paten mulai menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Pengadilan Amerika telah resmi melarang smartphone-smartphone Samsung yang dituduh melanggar hak paten Apple.

Sayangnya, keputusan tersebut bisa dibilang sia-sia. Sebab, semua smartphone yang dilarang dijual di Amerika itu adalah smartphone jadul yang bahkan sudah tidak lagi diproduksi oleh Samsung. Smartphone paling baru yang dilarang penjualannya adalah Galaxy S3.

Total ada 10 smartphone yang masuk dalam daftar 'banned' itu. Mereka adalah Admire, Galaxy Nexus, Galaxy Note, Galaxy Note 2, Galaxy S2, Galaxy S2 Epic 4G Touch, Galaxy S2 Skyrocket, Galaxy S3, dan Stratosphere.

Terlepas dari kemenangan semu itu, Apple diklaim telah menandatangani kontrak dengan Samsung soal pengembangan layar masa depan iPhone.

Ya, setelah cukup lama bertahan dengan layar berteknologi retina display, untuk generasi iPhone 7 sepertinya Apple beralih menggunakan layar OLED yang sejak lama diproduksi Samsung.

Seperti yang dilansir oleh GSM Arena, Apple telah mengontrak Samsung untuk menjadi produsen utama layar OLED untuk generasi baru iPhone, bukannya Japan Display Inc. Perlu diketahui, Samsung dan Japan Display adalah dua produsen utama layar OLED saat ini, tetapi bisa dibilang Samsung tetap yang paling dominan.

Penandatanganan kontrak itu juga dikuatkan oleh rencana Samsung untuk berinvestasi besar di sektor bisnis layar. Jumlahnya pun tidak tanggung-tanggung, mencapai USD 6,64-7,47 miliar! Sebagian investasi itu disebut sudah berjalan tahun ini agar dapur produksi layar OLED bisa menghasilkan 45.000 panel layar per bulannya. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Apple
  3. Samsung
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini