Kelompok Hacker Asal Tiongkok Ini Target Pemerintah Enam Negara

Selasa, 5 November 2019 15:11 Reporter : Indra Cahya
Kelompok Hacker Asal Tiongkok Ini Target Pemerintah Enam Negara Kemampuan yang Harus Dimiliki Jika Ingin Jadi Hacker. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah laporan baru mengungkap rahasia mengejutkan. Sebuah kelompok hacker asal Tiongkok telah mengacaukan organisasi pemeritah di beberapa negara selama tiga tahun terakhir.

Berdasarkan laporan dari Positive Technologies yang dikutip Engadget, sebuah kelompok hacker bernama Calypso APT, telah aktiv sejak 2016 dan telah menarget pemerintah India, Brasil, Kazakhstan, Rusia, Thailand, dan Turki.

Peretasan ini bekerja dengan meretas batas sistem organisasi, kemudian menggunakan perangkat khusus dan malware untuk mendapatkan akses ke jaringan internal pemerintahan. Ketika berhasil masuk, para peretas ini dapat bergerak melalui sistem dengan dua cara, memanfaatkan rentannya Eksekusi Kode Jarak Jauh, atau menggunakan informasi pribadi yang berhasil mereka curi.

Dengan metode ini, sekelompok hacker ini tak pernah gagal meretas organisasi pemerintah di tiap negara yang mereka target.

Meski demikian, keberhasilan hacker ini dalam membobol organisasi pemerintahan, tak lepas dari perangkat dan utilitas yang mereka gunakan memang juga digunakan secara luas di pemerintahan. Perangkat ini secara umum memang digunakan. seperti SysInternals, Mimikatz, EternalBlue, dan EternalRomance.

Sebelum diungkap, Positive Technologies menyebut bahwa kelompok hacker ini belum teridentifikasi. Namun akhirnya kelompok ini diduga berasal dari Tiongkok karena menggunakan malware PlugX dan juga Byeby Trojan, yang merupakan platform favorit di jajaran hacker Tiongkok.

Firma tersebut juga menemukan beberapa alamat IP asli dari peretas yang mengungkap digunakannya provider internet Tiongkok. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Aksi Hacker
  2. Peretas
  3. Hacker
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini