Kekalahan Samsung untungkan pengguna Android

Selasa, 28 Agustus 2012 19:45 Reporter : Ikhwan Arief Prihastian
Kekalahan Samsung untungkan pengguna Android Smartphone Android. ©2012 OnlineSocialMedia.net

Merdeka.com - Pengguna Android berpotensi diuntungkan oleh kemenangan paten Apple atas Samsung. Smartphone Android milik pengguna mungkin akan menerima update lebih cepat dari jadwal. Keuntungan ini menjadi akibat dari potensi pelarangan penjualan yang diterima beberapa produk Samsung.

Android versi lama (2.x) yang terbukti melanggar paten Apple kemungkinan akan mendapat update versi 4.1 Jelly-Bean untuk menghindari pelarangan. Android yang digunakan oleh smartphone Samsung juga digunakan oleh produsen smartphone lain. Hal ini mengakibatkan potensi pelanggaran yang sama pada handset lain. Untuk itu update software kemungkinan akan menjadi hal yang wajar dilakukan untuk menghindari sengketa.

Di permukaan, upaya update software tampak sederhana. Update Android, hindari pelanggaran. Namun belum jelas bagaimana langkah tersebut akan dilakukan. Yang jelas, beberapa tweak akan dilakukan untuk menghindari kemiripan dengan paten Apple.

Upaya tersebut kurang lebih sama ketika HTC One X dan EVO 4G LTE dilarang dijual di Amerika Serikat. Pihak HTC tidak meng-upgrade gadget-nya tersebut langsung ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Namun HTC hanya mengubah sedikit nama aplikasi dan sedikit tampilan. Tak lama setelah itu kedua produk tersebut dapat bebas beredar di Amerika Serikat.

Dengan asumsi semua Android 2.X melanggar paten Apple, kita dapat dengan segera melihat berbagai update Android yang lebih cepat dari jadwal. Bahkan update yang tidak direncanakan pun dapat pula terjadi. Apakah itu tweak kecil atau upgrade Jelly-Bean penuh, pengguna Android nampaknya harus sedikit bersabar. [ikh]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini