Kejar Apple, Qualcomm buat prosesor smartphone 64-bit

Selasa, 10 Desember 2013 20:10 Reporter : Alvin Nouval
Kejar Apple, Qualcomm buat prosesor smartphone 64-bit Qualcomm. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Qualcomm pada Senin (9/12), resmi memperkenalkan prosesor mobile Snapdragon 410. Ini merupakan prosesor pertama mereka dengan struktur 64-bit.

Seperti yang dilansir oleh Xbitlabs (9/12), CPU ini sudah didesain agar bisa bekerja maksimal pada jaringan 4G LTE. Dengan grafis Adeno, prosesor untuk smartphone ini pun jadi yang kedua mengusung struktur 64-bit setelah A7 milik Apple.

Snapdragon 410b sendiri dibangun menggunakan teknologi pemrosesan 28nm. Dengan begitu, tiap detil dari otak smartphone ini pun sangat diperhatikan.

Dengan GPU Adreno 306, Qualcomm memastikan bahwa CPU mereka satu ini sanggup memutar video dengan kualitas tinggi hingga 1080p dan menjalankan kamera sebesar 13MP. Selain itu, fungsi utama smartphone seperti Wi-Fi, Bluetooth, radio FM, NFC, GPS, GLONASS, dan BeiDou juga akan dipastikan bisa dijalankan sekaligus lewat prosesor ini.

Snapdragon 410 dipastikan akan mulai masuk smartphone pada awal tahun 2014. Kemungkinan, hadirnya ada di semester pertama tahun depan.

Selain itu sendiri, Qualcomm juga berencana menghadirkan teknologi 4G LTE pada perangkat kelas bawah. Hal ini akan mereka buktikan pada pengembangan 410 processor yang mencapai 400 varian pada kesempatan mendatang.

"Snapdragon 410 akan jadi yang pertama dari banyak chipset 64-bit yang membantu transisi Qualcomm Technologies dalam mengembangkan ekosistem prosesor mobile 64-bit," kata Jeff Lorbeck, SVP dan COO Qualcomm Technologies. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini