Kedatangan Netflix di Indonesia, pebisnis TV berbayar tetap santai

Jumat, 8 Januari 2016 14:55 Reporter : Fauzan Jamaludin
Kedatangan Netflix di Indonesia, pebisnis TV berbayar tetap santai Netflix. © Digitaltrends.com

Merdeka.com - Netflix, layanan video streaming asal AS, resmi masuk Indonesia. Tak heran, banyak yang menduga-menduga soal layanan video streaming tersebut, apakah akan bersaing atau justru mematikan pemain konvensional seperti layanan tv berbayar. Pasalnya sebagaimana diketahui, Netflix memberikan beragam konten film layar lebar dan serial televisi yang menarik.

Namun sayangnya hal itu justru bertolak belakang. Menurut Head of Marketing MNC Play, Aditya Haikal, kekhawatiran akan redupnya bisnis tv berbayar terlalu jauh. Justru, hadirnya layanan Netflix sebagai pelengkap dari layanan internet yang juga diberikan oleh pihaknya.

"Layanan Netflix kami prediksi tidak menjadi faktor disrupt. Kami mempertimbangkan dan menempatkan layanan Netflix sebagai complimentary bagi pelanggan MNC Play, karena layanan tersebut membutuhkan internet kecepatan tinggi sebagai penghantarnya," kata Haikal kepada Merdeka.com, Jumat (8/1).

Sementara itu, di sisi lain, dikatakannya, meskipun Netflix memiliki keunggulan, namun tetap saja tidak bisa menekan angka pembajakan. Hal tersebut karena layanan Netflix itu mampu menekan karena materi film yang dibajak adalah film yang masih atau sangat baru tayang di bioskop.

"Sedangkan untuk Netflix jendela tayangnya paling cepat 6 bulan setelah tayang bioskop. Pembajakan mungkin sedikit berpengaruh pada film film serial," tuturnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Senior Vice President Synergy Telkom Group, Achmad Sugiarto. Dia bilang, hadirnya layanan Netflix malah membuat konten yang disajikan di UseeTV semakin kaya. Pasalnya, Telkom Group melalui Telkomsel telah bekerja sama dengan Netflix.

"Kita justru senang Netflix bersama Telkomsel dan UseeTV yang saling memperkaya konten Telkom Group, termasuk layanan IndiHome tentunya," kata dia saat dihubungi melalui pesan singkat.

"Telkomsel dengan UseeTV dan Netflix hal ini dalam rangka memperkuat konten 4G Tsel, selain juga ada UDoctor.co.id di mana pelanggan dapat berkonsultasi secara langsung baik live chat dan video call, dan sebagainya. Nah, ini menjadi bukti seriusnya Telkom Group dalam penyediaan konten," imbuhnya. [gni]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini