KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Kedatangan Apple perlu difasilitasi, tapi tak perlu karpet merah

Senin, 19 Oktober 2015 11:04 Reporter : Fauzan Jamaludin
Apple. © Applefantastic

Merdeka.com - Apple dikabarkan akan membenamkan investasinya di Indonesia. Namun, hingga sekarang belum jelas detail investasinya, tapi arahnya akan seperti di Brazil, yakni research and development (R&D).

Kabar perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs akan investasi di negeri ini pun disoroti oleh pengamat ekonomi, Umar Juoro. Menurutnya, pemerintah harus memfasilitasi Apple untuk berencana investasi di Indonesia.

"Pemerintah harus memfasilitasi minat Apple untuk investasi di Indonesia karena akan meningkatkan pertumbuhan dan transformasi ekonomi ke kegiatan ekonomi dengan teknologi yang lebih tinggi," ujarnya saat dihubungi Merdeka.com, Senin (19/10).

Dia juga mengatakan, langkah Apple untuk berencana menanamkan investasinya tersebut, lantaran ingin mengalihkan ketergantungannya pada pabrik yang berada di Tiongkok. Maklum, kata dia, pertumbuhan ekonomi di sana sedang lesu.

"Apple juga berusaha mengalihkan ketergantungannya pada Tiongkok yang pertumbuhan ekonominya menurun. Fasilitas berupa insentif pajak, infrastruktur khususnya di lokasi industri yang dipilih, dan pekerja terampil yang siap. Kalau melihat pengalaman Vietnam berhasil menarik Samsung, mereka menyediakan berbagi fasilitas termasuk membangun jalur khusus ke bandara," katanya.

Kendati begitu, Ia pun menegaskan jika rencana kedatangan Apple di Indonesia, tak perlu ditanggapi berlebihan, namun yang terpenting adalah cocok dengan perhitungan bisnisnya.

"Untuk di Indonesia tidak perlu harus karpet merah berlebihan, tetapi yang cocok dengan perhitungan bisnis. Mengingat di Indonesia belum berkembang industri komponen yang mendukung produksi Apple, maka bisa memulai dengan mengembangkan bagian dari global supply chain Apple. Nanti secara bertahap baru bisa produksi Apple yang lebih utuh dengan dukungan supply chain yang memadai," jelas dia. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. Teknologi
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.