Kecerdasan buatan Alibaba sanggup kalahkan manusia dalam uji membaca

Rabu, 17 Januari 2018 12:33 Reporter : Fauzan Jamaludin
Kecerdasan buatan Alibaba sanggup kalahkan manusia dalam uji membaca Alibaba.com. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Alibaba membawa kabar perkembangan teknologinya saat ini. Terutama soal Artifcial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Dilaporkan Ubergizmo, Rabu (17/1), perusahaan besutan Jack Ma ini menyebutkan bahwa teknologi AI yang dibentuknya kini mampu mengalah manusia dalam tes komprehensif membaca di tingkat global.

AI ini dikembangkan oleh unit riset Alibaba, Institute of Data Science of Technologies. AI besutannya itu, mampu mencapai skor 82,44 untuk soal tes matematika eksakta dari Stanford Questioning Answering Dataset. Sedangkan nilai yang dilakukan oleh manusia mendapatkan skor 82,304.

Penilaian pemahaman bacaan dilakukan dengan memberi peringkat jawaban komputer dan membandingkannya dengan respons rata-rata manusia. Microsoft dan Alibaba berhasil memenangkan ini dengan margin tipis.

Stanford Question Answering Dataset memiliki lebih dari 100.000 pertanyaan dan jawaban yang didasarkan pada lebih dari 500 artikel Wikipedia. Alibaba menjelaskan bahwa AI-nya dapat menang karena model jaringan syaraf tiruannya didasarkan pada Hierarchical Attention Network yang memungkinkan AI membaca dari paragraf ke kalimat ke kata-kata untuk mengidentifikasi frase yang dapat memiliki jawaban potensial.

“Kami percaya bahwa teknologi ini dapat diterapkan secara bertahap untuk berbagai aplikasi seperti layanan pelanggan, tutorial museum, dan tanggapan online terhadap pertanyaan medis dari pasien. Selain itu juga, mengurangi kebutuhan masukan manusia dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata kepala unit riset Alibaba.

Terlepas itu, pemerintah China juga mendukung upaya yang dilakukan oleh Alibaba, Baidu, dan Tencent untuk mengembangkan teknologi kecerdasan buatan. Hal ini dipersiapkan untuk melompati kecanggihan teknologi masa depan negara-negara barat. [idc]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini