Kecepatan browser pengaruhi kepuasan pengguna mobile

Jumat, 26 Mei 2017 12:49 Reporter : Fauzan Jamaludin
Kecepatan browser pengaruhi kepuasan pengguna mobile Ivollex Hodiny, Opera Growth Director of Asia. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Opera baru saja memaparkan data-data hasil surveinya mengenai kepuasan pengguna mobile browser di Indonesia. Survei tersebut dilakukan di enam kota besar Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya Medan, dan Makassar.

Berdasarkan hasil risetnya itu, menemukan bahwa hampir separuh pengguna mobile browser di Indonesia tidak puas dengan default browser yang ada pada smartphone mereka. Penyebab utamanya adalah kecepatan browser yang lambat, konsumsi data yang tinggi dan sering terjadi crash.

Menariknya, sebanyak 10 persen responden berusia 18-25 tahun menggunakan default browser pada smartphone. Mayoritas dari responden tersebut memilih menggunakan browser pihak ketiga untuk mendapatkan kenyamanan saat mengakses Internet.

"Alasan utama mengapa responden menggunakan browser lainnya adalah karena mereka mencari kemudahan dalam penggunaan dan akses Internet. Memilih browser yang bagus sangat penting bagi mereka, mengingat hampir dari 2/3 responden dalam survei ini mengakses browser pada smartphone mereka lebih dari delapan kali dalam sehari" ungkap Ivollex Hodiny, Growth Director of Asia, Opera Software di Jakarta, belum lama ini.

Hasil survei ini pun menegaskan laporan We Are Social 20171 yang dirilis pada Januari lalu. Berdasarkan laporan tersebut, pengguna Internet Indonesia menghabiskan hampir empat jam dalam sehari untuk menjelajah Internet menggunakan browser mereka. Bahkan Indonesia termasuk dalam 10 negara teratas yang menghabiskan waktu online terbanyak.

Dia juga mengatakan, sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia menggunakan browser untuk mencari informasi, membaca berita, dan mengakses media sosial. Berdasarkan survei ini, para pengguna browser lebih suka membaca informasi mengenai gaya hidup ketimbang yang lain.

Sekitar 57 persen mencari berita soal gaya hidup, sisanya Kesehatan (52 persen) dan Pendidikan (50 persen). Ketiganya, merupakan jenis informasi paling populer yang dicari responden saat menggunakan browser mereka.

"Akan tetapi, jika kita membahas secara rinci mengenai jawaban dari para responden, data menunjukkan bahwa responden pria dan wanita benar-benar memiliki kepentingan berbeda terkait jenis informasi yang mereka cari. Responden pria lebih tertarik dengan informasi yang berkaitan dengan olahraga, teknologi dan kesehatan, sementara responden wanita memilih informasi tentang gaya hidup, kesehatan, dan hiburan/gosip," jelas Ivollex. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Opera
  3. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini