Kecanggihan Layar iPhone 12, Mulai Layar OLED Hingga Proteksi Keramik

Kamis, 15 Oktober 2020 15:55 Reporter : Indra Cahya
Kecanggihan Layar iPhone 12, Mulai Layar OLED Hingga Proteksi Keramik iPhone 12 Pro. ©2020 Apple via Phone Arena

Merdeka.com - Beberapa hari yang lalu Apple merilis empat buah perangkat dari lini iPhone 12. Salah satu keunggulannya, di samping banyak sekali sepsifikasi dan fitur menarik, adalah di sektor layar. Di iPhone 12, Apple kini menyematkan layar OLED yang diberi nama Super Retina XDR.

Layar ini mendukung HDR10, Dolby Vision, dan HLG. Layarnya mengusung bentang 6,1 inci dengan resolusi 1170x2532 piksel, yang membuat kerapatan pikselnya jadi 457. Ini adalah kali pertama Apple menaikkan kerapatan piksel dan resolusi di varian iPhone reguler sejak lama. Hal ini membuat layar iPhone 12 kini tak akan kalah tajam dengan iPhone versi Pro.

Selain itu, satu hal menarik di sektor layar adalah proteksinya. Apple menyematkan teknologi bernama Ceramic Shield, yang diklaim lebih tangguh dari kaca smartphone biasa. Apple bahkan mengklaim bahwa ketahanan Ceramic Shield empat kali lebih baik ketika jatuh, dibanding perangkat lainnya.

Ini adalah sebuah teknologi yang meletakkan partikel keramik di kaca. Secara teknis, ini adalah kristal keramik nano yang ditaman di matriks kaca, dengan urutan yang lebih kecil dari panjang gelombang cahaya. Hal ini membuatnya transparan meski bahannya adalah keramik.

Sebelumnya, teknologi serupa sudah digunakan Essential Phone, Xiaomi Mi Mix, dan Samsung Galaxy S10 Plus seri Ceramic. Bedanya untuk iPhone 12, teknologi ini disematkan di layar, sementara smartphone lain di bagian belakang perangkat.

Teknologi ini diproduksi oleh Corning, yang merupakan produsen proteksi kaca Gorilla Glass. Corning menyebut kepada The Verge bahwa Ceramic Shield yang dipasang di iPhone 12 ini memiliki bahan yang unggul karena kuat, ringan, dan "hampir tahan terhadap panas dan listrik."

Tak cuma itu, Ceramic Shield adalah "kaca keramik transparan dan tanpa warna pertama di dunia," sehingga teknologi ini cocok untuk smartphone. Beruntung, Apple menjadi pionirnya.

Baca Selanjutnya: Spesifikasi iPhone 12...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini