Kapal selam terbesar di dunia berhasil ditemukan

Rabu, 4 Desember 2013 12:25 Reporter : Alvin Nouval
Kapal selam terbesar di dunia berhasil ditemukan Penemuan kapal selam Jepang. ©REUTERS/Courtesy NOAA

Merdeka.com - Para peneliti dari Hawaii baru saja menemukan sebuah bangkai kapal selam berukuran super besar yang diperkirakan merupakan peninggalan Perang Dunia II. Bangkai kapal selam ini milik Jepang yang berhasil dikandaskan AL Amerika Serikat pada 1946.

Seperti yang dilansir oleh CNN (4/12), para peneliti dari Hawaii Undersea Research Laboratory menemukan kapal dengan nama I-400 tersebut pertama kali menemukannya pada kedalaman 2,3 ribu kaki dari permukaan air di barat daya pantai Oahu. Penemuan ini juga tidak diperkirakan sebelumnya mengingat tempat tersebut tidak diketahui pernah ditenggelami kapal.

"Menemukannya di sana benar-benar diluar perkiraan kami. (Padahal) Semua peneliti yang berusaha mencarinya mencoba di laut yang lebih jauh lagi," kata Terry Kerby, direktur penelitian dan kepala pilot kapal selam dari Hawaii Undersea Research Laboratory.

Kapal selam ini sendiri memiliki panjang sekitar 121,92 meter dan merupakan yang paling besar yang pernah dibuat pada era nuklir. Tercatat, hanya ada dua kapal selam seperti ini yang pernah ada di dunia.

Tujuan dibuatnya I-400 sendiri adalah untuk menyerang daratan Amerika Serikat pada PD II yang kala itu jadi musuh utama Jepang. Namun, kapal ini tak pernah sama sekali digunakan untuk menyerang AS karena Jepang keburu menyerah setelah dua kotanya diserang oleh bom atom.

Saat itu, AL Amerika memutuskan untuk menenggelamkan kapal ini dengan tujuan agar teknologinya tidak jatuh ke musuh mereka. Pada masa itu, setelah Jepang dan Jerman runtuh, Uni Soviet muncul jadi pesaing besar Paman Sam. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jepang
  3. Kapal Tenggelam
  4. Amerika Serikat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini