Kamera Mi CC9 Pro Ungguli iPhone 11 Pro Max

Selasa, 12 November 2019 13:26 Reporter : Indra Cahya
Kamera Mi CC9 Pro Ungguli iPhone 11 Pro Max Xiaomi CC9 Pro. ©2019 engadget.com

Merdeka.com - Kemampuan kamera smartphone Xiaomi terbaru yakni Mi CC9 Pro, ternyata berhasil melampaui kemampuan iPhone 11 Pro Max. Hal itu diketahui dari ulasan dan nilai terbaru website benchmark kamera DxOMark.

Dikutip dari GSM Arena via Tekno Liputan6.com, Mi CC9 Pro atau yang dikenal Mi Note 10 untuk pasar global berhasil mencatat skor total 121. Lebih tinggi dari skor keseluruhan iPhone Pro Max, yakni 117.

DxOMark mencatat untuk kemampuan kamera Mi CC9 Pro sendiri skor yang diperoleh mencapai 130. Salah satu yang menjadi keunggulan dari smartphone ini adalah kemampuan zoom dan warna yang dihasilkan.

Di sisi lain, iPhone 11 Pro Max yang juga memiliki kemampuan mumpuni diganjar skor 124. DxOMark menyebut kamera smartphone ini memiliki exposure yang akurat, wide dynamic range, dan warna mendekati asli.

Namun, ada poin minus di iPhone 11 Pro Max, yakni kehadiran noise dalam setiap pengambilan gambar di seluruh kondisi pencahayaan dan detail yang kurang saat long range zoom.

Oleh sebab itu, DxOMark tidak memberikan nilai tinggi pada dua kemampuan tersebut, sehingga nilai keseluruhan kamera smartphone ini kalah dari Mi CC9 Pro.

Sementara untuk kemampuan perekaman video, keduanya memiliki skor yang sama, yakni 102. Hal ini dimungkinkan karena keduanya memiliki dynamic range yang lebar, detail yang baik, dan serta stabilisasi optikan yang mempengaruhi hasil jepretan secara signifikan.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar

1 dari 1 halaman

Keunggulan Kamera CC9 Pro

Perangkat ini punya lima buah kamera. Selain kamera 108MP, terdapat kamera telefoto 5x zoom 5MP, telefoto 2x zoom 12MP, ultra-wide angle 20MP, serta kamera makro 2MP.

Seperti dilaporkan sebelumnya, sensor kamera ini dikembangkan oleh Samsung bekerjasama dengan Xiaomi yang diberi nama ISOCELL Bright HMX. Sensor kamera ini cukup besar untuk ukuran sensor kamera smartphone, yakni 1/1,33 inci. Ukuran ini hanya sepertiga ukuran dari sensor kamera digital terbaik dari Sony RX100 VII.

Kamera 108MP ini sendiri akan beroperasi menggunakan teknologi pixel binning yang menggabungkan empat piksel jadi satu, yang pada dasarnya seperti 27MP. Nah, Jika berhasil mengambil sebuah foto yang baik dari kamera ini, Anda pada dasarnya bisa mencetaknya jadi seukuran billboard dengan ukuran lebih dari 4 meter persegi.

Untuk memastikan tidak ada blur dan gambar yang goyang, CC9 Pro memiliki stabilisasi optikal 4 sumbu di sensor utamanya. Selain itu, terdapat stabilisasi elektronik dengan nama ShootSteady yang membuat video 4K besutannya jadi makin baik.

Terlebih lagi, terdapat fitur slow-motion hingga 960 fps untuk videonya. Terdapat juga modus vlog yang akan memperbaiki dynamic range di kala vlogging.

Terdapat juga night mode 2.0 yang memadukan deretan jepretan dengan berbagai kecerahan untuk meredam noise di keadaan redup cahaya. Kamera smartphone ini juga dapat menjepret di format RAW.

Kamera telefoto dari smartphone ini ada dua buah. Salah satunya, yakni yang mengusung sensor 5MP, disebut memiliki kemampuan zoom hibrida hingga 10x dan 50x. Hal ini membuat smartphone ini memiliki rasio zoom hibrida terbesar saat ini. [idc]

Baca juga:
Ini Hasil Uji Pengecasan Oppo Reno Ace, Setengah Jam Terisi Penuh!
Sony Pamer Sensor Kamera Smartphone 64MP, Hasil Foto dan Video Terbaik!
Ini Alasan Asus Tak Kunjung Rilis Zenfone 6 di Indonesia
Haruskah Smartphone Dimatikan Tiap Hari Agar Tak Rusak?
Sony Xperia Mulai Padamkan Deretan Layanan, Segera Kandas?
Main Smartphone di Kondisi Gelap Bikin Stroke Mata?
Xiaomi Perkenalkan CC9 Pro, Smartphone 5 Kamera Bersensor 108MP!

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Xiaomi
  3. IPhone 11 Pro
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini