Kalung ini hitung kalori makanan dengan 'nguping' suara mengunyah

Sabtu, 19 Maret 2016 14:19 Reporter : Indra Cahya
Kalung ini hitung kalori makanan dengan 'nguping' suara mengunyah Hitung kalori makanan. © engadget.com

Merdeka.com - Dalam hal diet, biasanya kita cukup ribet untuk menghitung jumlah kalori berdasarkan makanan yang kita makan. Kita harus menghapal tabel, membaca banyak artikel dan menerka-nerka sendiri seberapa banyak kalori masuk di tubuh kita.

Namun jika Anda memiliki alat yang dikembangkan para peneliti dari University at Buffalo di New York ini, Anda hanya tinggal memakai kalung untuk melacak apa yang Anda makan. Dilansir dari Engadget (16/3), mereka mengembangkan perangkat yang bernama 'AutoDietary,' berupa kalung yang mampu mengukur masuknya kalori dengan 'mendengarkan' suara kita mengunyah dan menelan makanan.

Suara dari makanan yang kita kunyah tentu akan sangat berbeda. Contohnya dari cara mengunyah buah apel dan biskuit, di mana tentu suara 'crunchy' dari buah apel lebih sehat ketimbang biskuit. Inilah yang mendasari kinerja kalung tersebut, yang akan mendengarkan berbagai tipe makanan yang kita kunyah, menerka jenis makanan tersebut, menghitung kalorinya, dan mengirimkan datanya langsung ke smartphone Anda.

Perangkat ini cukup menjanjikan. Dalam pengembangannya, kalung canggih ini menebak 85 persen makanan dengan benar. Bahkan jenis makanan yang kita makan adalah makanan yang sehat atau 'junk food,' bisa ditebak oleh kalung ini.

Meski demikian, para peneliti tidak puas hanya dengan kalung yang bisa 'mendengar' saja, namun peneliti ingin memasang biomonitor, untuk mendapat data yang lebih spesifik dari makanan. Dengan biomonitor, peneliti juga ingin mengetahui kandungan gula darah dalam makanan yang kita konsumsi.

Dengan ini, teknologi bisa mengawal kita untuk hidup menghindari obesitas, menumpuknya berbagai penyakit dan hidup lebih sehat. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Gadget
  2. Penelitian
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini