Jokowi saat Resmikan Palapa Ring: Jangan Disalahgunakan

Senin, 14 Oktober 2019 13:01 Reporter : Merdeka
Jokowi saat Resmikan Palapa Ring: Jangan Disalahgunakan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla Jenguk Wiranto. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh pihak untuk memanfaatkan Palapa Ring atau Tol Langit dengan sebaik-baiknya. Jokowi meminta agar perkembangan teknologi digital tak disalahgunakan untuk menyebarkan ujaran kebencian dan fitnah.

"Agar bisa kompetitif, perkembangan teknologi digital tidak boleh disalahgunakan, ujaran kebencian tidak boleh dipakai untuk ini, untuk fitnah ndak (boleh), hoaks ndak, fake news ndak," ujar Jokowi usai meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara Jakarta, Senin (14/10).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa fitnah dan hoaks di media sosial harus dicegah. Begitu juga dengan kejahatan di dunia maya.

"Saling mencela di medsos harus dihentikan. Termasuk mencegah kejahatan siber agar tidak semakin berkembang di negara kita," ucap dia.

Jokowi menjelaskan bahwa Palapa Ring ini dapat mengkoneksikan ratusan kabupaten/kota dari 34 provinsi di Indonesia. Dia pun berpesan agar aparat pemerintah dapat memanfaatkan pengoperasian Palapa Ring ini untuk meningkatkan pelayanan publik.

"Bagi seluruh aparat pemerintah agar memanfaatkan operasinya tol langit ini agar birokrasi yang melayani dan efisien," tutur Jokowi.

Proyek Palapa Ring yang terdiri dari tiga paket yakni paket barat, tengah, dan timur telah rampung sejak Agustus 2019. Peresmian Palapa Ring ini juga ditandai dengan penandatangan prasasti digital oleh Jokowi.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Lizsa Egeham [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Jokowi
  2. Palapa Ring
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini