Jika Punya Aplikasi Curang ini, Segera Hapus Dari Android Anda!

Selasa, 23 Juni 2020 20:21 Reporter : Indra Cahya
Jika Punya Aplikasi Curang ini, Segera Hapus Dari Android Anda! Ilustrasi aplikasi malware. © theregister.co.uk

Merdeka.com - Tak bisa dimungkiri, Android adalah sistem operasi smartphone paling banyak dipakai. Namun sisi buruknya, platform ini kerap jadi sasaran malware, ransomware, dan teknik kejahatan siber lainnya.

Kini, puluhan juta pengguna Android harus menghapus sebuah aplikasi jahat yang mungkin terinstal di smartphone mereka. Aplikasi jahat yang dimaksud bernama SnapTube.

Mengutip laman Express.co.uk via Tekno Liputan6.com, aplikasi SnapTube berfungsi sebagai downloader video yang telah diunggah di YouTube dan Facebook. Parahnya aplikasi berbahaya ini telah diunduh hingga 40 juta pengguna Android.

SnapTube merupakan sebuah aplikasi gratisan. Namun aplikasi jahat ini malah mengambil keuntungan dari pengguna.

Berdasarkan sebuah laporan dari UpStreamSystems, SnapTube bisa "memaksa" pengguna melakukan pembayaran terhadap layanan premium.

Hal ini karena SnapTube diam-diam mendaftarkan pengguna untuk berlangganan ke layanan premium tanpa persetujuan pemilik smartphone.

Praktik penipuan siber ini dikenal dengan teknik "fleeceware", di mana pengembang menyalahgunakan kemampuan aplikasi untuk menagihkan bayaran langganan kepada pengguna secara diam-diam. Kerentanan ini muncul dikarenakan ada periode pemberian waktu uji gratisan untuk menjajal layanan si aplikasi.

Baca Selanjutnya: Butuh Persetujuan Pengguna...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini