KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Jangan sering buka aplikasi ini bila tak mau iPhone boros baterai!

Selasa, 20 Oktober 2015 11:04 Reporter : Bramy Biantoro
Baterai smartphone. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Apakah Anda jengkel dengan daya baterai iPhone yang boros? Jika iya, aplikasi jejaring sosial dengan pengguna terbesar di dunia mungkin bisa disalahkan, Facebook.

Ya, aplikasi Facebook untuk iOS sudah menerima banyak keluhan dari pengguna akibat borosnya daya baterai yang dikonsumsi. Pemakaian daya Facebook memang menjadi mudah terlihat dengan fitur baru di iOS 9 yang bisa menampilkan konsumsi baterai dari aplikasi-aplikasi yang ada di iPhone.

Facebook sendiri lewat juru bicaranya sudah mengonfirmasi adanya keluhan tersebut dan sedang berusaha untuk memperbaikinya lewat update yang akan segera tersedia.

"Kami telah mendengar laporan pengguna tentang masalah baterai di aplikasi iOS kami. Kami sedang menanganinya dan berharap bisa memperbaikinya segera," ujar juru bicara Facebook pada Tech Crunch.

Sementara itu, menurut salah satu pendiri aplikasi portal berita Circa, Matt Galligan, aplikasi Facebook untuk iOS bertanggung jawab atas konsumsi 15 persen daya baterai mingguan iPhone! Bahkan, kerakusan konsumsi baterai Facebook itu tetap tidak bisa dihentikan meski pengguna menghentikan fitur Facebook yang memungkinkannya berjalan di latar belakang.

"Aplikasi Facebook iOS tidak 'tidur' ketika aku menekan tombol 'Home' dan terus mengisap daya baterai. Meski Facebook tidak memberikan apa-apa pada ku (saat tidak dipakai), aplikasi itu menghabiskan dua kali daya baterai lebih banyak ketimbang saat aku pakai," tulis Galligan dalam blog pribadinya, Daily Mail (19/10).

Di sisi lain, pengembang aplikasi iOS, Jonathan Zdziarski percaya bila tingginya konsumsi baterai aplikasi Facebook diakibatkan oleh fitur pelacak lokasi yang ada di aplikasi tersebut.

"Ini terlihat seperti jika fitur berbagi lokasi Facebook Anda diaktifkan, maka hal itu akan membunuh baterai dengan cepat. Aktivitas Facebook saja sudah cukup banyak menguras daya baterai, belum lagi ditambah fitur berbagi lokasi," tulis Zdziarski di akun Twitternya, @JZdziarski minggu lalu.

Oleh karena itu, sebelum Facebook merilis update perbaikan untuk aplikasi iOS-nya, sebaiknya Anda pengguna iPhone jangan terlalu sering Facebookan bila tengah menghemat daya baterai. [bbo]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.