Israel Persiapkan Jaringan 5G

Selasa, 16 Juli 2019 13:20 Reporter : Fauzan Jamaludin
Israel Persiapkan Jaringan 5G BTS. shutterstock

Merdeka.com - Pemerintah Israel bersiap untuk menerbitkan tender pembangunan 5G. Dalam tender tersebut, pemerintahan Israel akan menawarkan insentif kepada pemenang tender sebesar 500 juta shekel atau setara Rp 1,9 Triliun. Informasi tersebut seperti dilaporkan oleh The Jerussalem Post, Selasa (16/7).

Operator seluler Israel yang ada akan dapat bersaing untuk tender dengan mengajukan proposal bersama untuk mengamankan bandwidth mulai dari 700 megahertz (MHz) dan 2.600 MHz yang ditawarkan oleh kementerian.

"Ini merupakan sebuah kemajuan teknologi yang nantinya akan meninggalkan jejak sampai dekade mendatang," ujar Menteri Komunikasi Israel David Amsalem.

Menariknya, teknologi jaringan seluler generasi kelima yang akan dibangun Israel, diklaim mampu berselancar dengan kecepatan sekitar 20 kali lebih cepat daripada jaringan 4G saat ini.

"Masuknya teknologi 5G baru ini akan memulai revolusi digital yang akan memengaruhi semua aspek kehidupan kita, seperti; rumah pintar, kota pintar, pengobatan pintar, membawa pinggiran lebih dekat ke pusat, pendidikan, kendaraan otonom, industri maju dan banyak lagi," tambahnya.

Selain itu, Kementerian Komunikasi Israel menjanjikan hibah senilai 200 juta shekel atau setara dengan Rp 784 miliar bagi operator yang membangun setidaknya 250 antena pemancar 5G.

Selain itu, sambil menunggu jaringan 5G diluncurkan awal tahun depan, pembayaran tender akan ditunda hingga 2022, untuk memberikan waktu yang cukup bagi operator untuk mengalihkan sumber daya finansial guna meningkatkan jaringan mereka.

Di sisi lain, pemerintah Israel memahami kondisi perusahaan seluler di negaranya. Berdasarkan data yang dimiliki pemerintah Israel pada awal bulan ini, pendapatan perusahaan seluler turun 5,6 persen pada 2018 setelah menderita penurunan 4,5 persen pada 2017. Penurunan pendapatan sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya persaingan tarif antara perusahaan. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. 5G
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini