iPhone Lawas Justru Lebih Laku Dari iPhone Anyar?

Selasa, 13 November 2018 14:40 Reporter : Indra Cahya
iPhone Lawas Justru Lebih Laku Dari iPhone Anyar? iPhone XR. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah beberapa waktu belakangan dirumorkan kalau iPhone XR mengalami penjualan yang berat, kini dilaporkan kembali oleh Street Account via Phone Arena (13/11/2018) kalau hal serupa terjadi.

Berdasarkan analisis rantai pasokan Apple dari Longbow Research, Apple menurunkan pesanan sebanyak 20 persen hingga 30 persen untuk iPhone XS dan XS Max, serta iPhone XR.

Justru, disebut dalam analisis tersebut, pesanan Apple untuk produksi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus justru meningkat. Hal ini juga diiringi pesanan yang lebih banyak untuk model lawas seperti iPhone 7 dan 7 Plus.

Longbow Research pun tak sendiri. JP Morgan juga memberikan data terkait Apple, di mana perusahaan sekuritas dan banking tersebut menyebtu Apple sedang berjuang menaikkan margin profit mereka. Hal ini ingin dilakukan Apple dengan menurunkan target penjualan iPhone versi murah Apple yakni iPhone XR.

Sebelumnya, mengutip Nikkei Asian Review, disebut bahwa gelombang selanjutnya dalam produksi iPhone XR telah dibatalkan. Hal ini telah diprediksi sebelumnya oleh para pakar industri bahwa Apple "menaksir terlalu tinggi" jumlah permintaan dan penjualan iPhone XR.

Disebut juga bahwa Foxconn, produsen elektronik yang merakit iPhone XR, hanya menggunakan "45 jalur produksi" dari total 60 yang disiapkan untuk memproduksi iPhone XR sesuai permintaan Apple.

Selain itu, Pegatron yang juga partner Apple dalam memproduksi iPhone, juga disebut "menangguhkan rencana untuk meningkatkan produksi," dan saat ini sedang "menunggu instruksi lebih lanjut" dari Apple soal iPhone XR. Wistron yang juga merupakan perusaahan partner Apple, mengalami hal yang senada.

Apple sendiri sering diterpa gosip soal "tidak laku" semacam ini. Tahun lalu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mengalami fenomena semacam ini pula. Akhirnya, Apple baru-baru ini mengumumkan bahwa unit pengkapalan akan dihapus dari laporan keuangan tahunan atau per kuartal Apple. Apple hanya menunjukkan pemasukan, yang mana itu tetap jadi yang terbaik di jajaran industri smartphone. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini