KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus resmi diumumkan: desain anyar dan kamera lebih tajam!

Rabu, 13 September 2017 05:43 Reporter : Indra Cahya
iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Apple baru saja menyelesaikan keynote mereka beberapa jam yang lalu, dan salah satu rilisan utamanya adalah lini iPhone 8. Benar, Apple tidak meneruskan penamaan "S" yang biasa jadi pola penamaan mereka, dan memutuskan 'skip' satu langkah langsung ke angka 8.

Namun tak bisa dipungkiri kalau sebenarnya iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ini merupakan versi pembaruan dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, dengan beberapa perbedaan mendasar. Berikut ulasannya.

Desain

Soal desain, secara kasat mata tak ada yang berubah dari lini iPhone 8. Masih sama dengan layar LCD 16:9 dengan Touch ID di bagian bawah layar. Perbedaannya hanyalah bagian belakangnya kini mengusung material kaca, yang dibingkai dengan aluminium.

Pemilihan material kaca punya alasan yang sama seperti iPhone X, yakni mengakomodir pengisian daya nirkabel.

Selebihnya desain dari iPhone 8 masih tetap pada inti desain yang diusung sejak iPhone 6 di 2014.

Layar

tak ada yang berubah dari spesifikasi layar: 4.7 inci dengan resolusi 750x1334 pixel untuk iPhone 8, serta 5.5 inci dengan resolusi 1080x1920 untuk iPhone 8 Plus, yang kesemuanya mengusung fitur 3D Touch.

Namun ada satu fitur baru, yakni True Tone. Fitur yang sudah ada di iPad terbaru ini mampu menyesuaikan warna layar dengan keadaan sekitar. Hal ini membuat pengguna makin nyaman dalam menatap layar.

Kamera

Spesifikasi kamera memang terlihat sama, namun seperti iPhone X, Apple mengklaim bahwa iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mengusung sensor dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini berarti kualitas hasil gambar yang tentu lebih baik.

Serupa dengan iPhone X, iPhone 8 dan 8 Plus juga mendapat update software kamera berupa efek lighting cerdas berupa Studio Light, Contour Light, serta Stage Light.

Aspek video juga mengalami kenaikan pesat, dengan kemampuan merekam video Full HD dengan frame rate 240 fps yang sangat lembut untuk slow motion.

Hardware

Aspek dapur pacu merupakan salah satu peningkatan utama di lini iPhone 8. Pasalnya, iPhone 8 juga dimotori prosesor bertenaga terbaru yang juga jadi otak iPhone X yakni A11 Bionic. Prosesor ini diklaim Apple 30 persen lebih bertenaga ketimbang generasi sebelumnya. Prosesor ini dipadu dengan RAM sejumlah 2GB untuk iPhone 8, serta 3GB untuk iPhone 8 Plus

Untuk storage, iPhone 8 dan 8 Plus akan tersedia dalam varian 64GB dan 256GB.

Ketersediaan dan harga

iPhone 8 dibanderol dengan harga termurah sebesar 699 dollar untuk varian 64GB. Angka ini setara dengan 9,2 juta Rupiah. Sementara varian 256GB dibanderol 849 dollar atau setara 11,2 juta Rupiah.

Untuk iPhone 8 Plus, varian termurah dengan storage 64GB dibanderol dengan harga 799 dollar atau setara dengan 10,5 juta Rupiah. Sementara varian 256GB dibanderol dengan harga 949 dollar atau setara 12,5 juta Rupiah.

Perlu diingat bahwa iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tidak tersedia di Indonesia melalui distributor Apple secara langsung. Jika melihat pola iPhone 7 resmi silam, iPhone X akan dibanderol dengan angka yang sedikit lebih mahal oleh distributor resmi Indonesia. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. IPhone 8
  2. IPhone X
  3. Smartphone
  4. Apple
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.