iPhone 5C atau iPhone 'murah' tidak dijual murah

Rabu, 11 September 2013 11:42 Reporter : Dwi Andi Susanto
iPhone 5C atau iPhone 'murah' tidak dijual murah Harga iPhone 5C di Apple Store Singapura © 2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebelum diperkenalkan secara resmi, iPhone 5C ini disebut juga iPhone Lite atau terkenal dengan nama iPhone 'murah.' Namun, pada kenyataannya, ternyata smartphone satu ini tidak semurah yang diharapkan.

Memang sebelum diperkenalkan ke publik, banyak yang berharap akan hadirnya produk smartphone dari Apple dengan harga murah. Hal tersebut dikarenakan munculnya rumor bahwa perusahaan Cupertino ini sedang dalam proses pengerjaan perangkat mobile dengan 'judul murah.'

Namun, seiring dengan waktu, banyak rumor serta analisis yang beredar di pasaran. Mengutip dari China Times (20/06), bos dari Pegatron, T H Thung, menjelaskan seputar iPhone di rapat pemegang saham yang dalam penjelasannya adalah iPhone 'murah' tidak akan semurah seperti yang dibayangkan.

Bahkan, analisis senada juga dilontarkan oleh seorang analis J P Morgan, Gokul Hariharan dan Mark Moskowitz. Keduanya berpendapat kalau perangkat iPhone 'murah' ini masih akan masuk dalam kategori mid-end.

Keduanya memperkirakan iPhone murah akan dibanderol seharga USD 350-400 atau sekitar Rp 3,4-3,8 juta. Harga ini pun juga tanpa pemberian potongan yang bisa saja diberikan dengan paket bundling khusus.

Dan akhirnya, seperti yang diperkirakan oleh banyak analis, memang benar iPhone 5C yang banyak diharap banyak orang sebagai iPhone 'murah' ternyata tidak-lah murah.

Dari pantauan tim merdeka.com, iPhone 5C untuk pasaran Singapura dijual dengan SGD 848 atau sekitar Rp 7,5 jutaan. Kenapa mengambil tempat Singapura sebagai pembanding? Hal tersebut dikarenakan iPhone 5C tidak dirilis secara resmi di Indonesia. Dan, Singapura adalah tempat terdekat untuk mendapatkannya.

Selain di Singapura, harga iPhone 5C di Australia juga masih tergolong tinggi. Di negeri Kangguru tersebut, iPhone 5C dijual dengan harga AUD 749 atau sekitar Rp 7,8 jutaan. Sedikit lebih mahal dibandingkan dengan di Singapura.

Untuk pasaran Amerika Serikat sendiri, handset terbaru Apple berbahan polycarbonate ini akan hadir di pasaran dengan harga USD 99 atau sekitar Rp 1,1 juta untuk varian iPhone 5C 16Gb dan USD 199 atau sekitar Rp 2,2 juta untuk varian iPhone 5C 32GB.

Tentunya harga tersebut merupakan harga iPhone 5C di pasar gadget Amerika Serikat yang akan hadir di perusahaan telekomunikasi besar di negara tersebut dengan sistem kontrak 2 tahun.

Tertarik membeli iPhone 5C? Menurut penjelasan di Apple Store, baik iPhone 5C dan iPhone 5S baru akan secara resmi dirilis pada tanggal 13 dan 20 September ini.

Baca juga:

Apple produksi gadget murah? Mustahil!

Alasan kenapa Apple tidak akan buat iPhone 'murah'

Apple tak akan serius di pasar smartphone murah [das]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. IPhone
  3. Apple
  4. IPhone 5C
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini