iPhone 2020 Akan Usung Desain 'Tebal' Ala iPhone 4?

Jumat, 27 September 2019 10:45 Reporter : Indra Cahya
iPhone 2020 Akan Usung Desain 'Tebal' Ala iPhone 4? iPhone 11 Pro. ©2019 twitter.com/MKBHD

Merdeka.com - iPhone 11 Series terbaru ini cukup memecah dukungan soal apakah ini adalah smartphone dengan desain tercantik atau tidak. Pasalnya, meski dengan kasat mata kita bisa melihat betapa elegannya gadget besutan Apple terbaru ini, notch atau poni masih tampak nyata.

Nah, desain ini tentu akan segera mendapatkan pembaruan dari Apple. Tentunya untuk keluaran iPhone tahun depan.

Karena menurut analis teknologi spesialis Apple yakni Ming Chi Kuo yang kerap memberi prediksi akurat, iPhone tahun depan akan membawa desain yang lebih 'tebal.'

Melansir pernyataan Kuo yang dikutip Phone Arena, disebut bahwa iPhone 2020 akan mengadopsi tampilan lebih kotak dengan kerangka logam dan aneka desain dalaman yang lebih kompleks.

Hal ini disebut akan membuat iPhone 2020 akan punya nuansa yang serupa dengan iPhone 4.

1 dari 3 halaman

Mirip iPhone 4

iPhone 4 sendiri adalah sebongkah desain yang tidak bisa dipungkiri keindahan dan keeleganannya.

Jika Apple memang berhasil mengaplikasikan desain serupa (yang sudah kuno) ke desain smartphone modern, Apple punya satu tempat sebagai smartphone dengan desain terbaik yang pernah ada.

Kuo sendiri menyebut, Apple akan menerapkan deretan desain, salah satunya adalah teknologi kaca lengkung. Selain itu, bahan dasarnya juga akan diubah menuju sesuatu yang lebih tahan lama seperti safir.

2 dari 3 halaman

Perubahan di iPhone non-Pro

iPhone 11 adalah perangkat yang mencuri perhatian dengan harganya yang relatif lebih murah ketimbang saudaranya yakni 11 Pro dan 11 Pro Max. Namun di iPhone 2020, pola ini mungkin tak akan terjadi lagi.

Pasalnya, iPhone non-Pro juga akan mendapatkan deretan perubahan, mulai dari desain, panel layar OLED, hingga yang diprediksi terkuat adalah kamera ToF yang menghadap ke depan layaknya kamera selfie.

Terakhir, iPhone termurah di tahun 2020 pun disebut juga akan membawa konektivitas 5G.

3 dari 3 halaman

Harga Makin Mahal

Selain soal material, soal dukungan 5G akan membuatnya lebih mahal. Pasalnya, tak cuma deretan modem dan prosesor yang harus mendapatkan pembaruan karena menggunakan 5G, banyak juga hardware yang juga harus ikut upgrade.

Bayangkan saja, jika koneksi dengan data transfer super cepat, latensi hampir 0, dan efisien energi ini tidak disokong dengan RAM yang juga tinggi kapasitas, tentu bagaimanapun smartphone akan tetap lemot karena load berat yang dengan mudah diunduh.

Belum lagi jika streaming. Ketika streaming konten 4K bisa dilakukan dalam hitungan detik, akan percuma jika kita menontonnya dari layar LCD berresolusi HD. Tentu kita juga butuh layar OLED dengan resolusi 4K.

Tentu, semua komponen ini tak akan murah. Terlebih lagi iPhone sendiri terkenal menyematkan hardware terbaik dibanding kompetitornya.

Sebagai gambaran, Samsung Galaxy S10+ 5G dibanderol 200 Dollar lebih mahal dari versi regulernya. Bisa disimpulkan dengan kasar, iPhone akan berada pada kisaran harga 1.300 Dollar, dan itupun yang paling murah. [idc]

Baca juga:
Uji Coba Buktikan Bahwa iPhone 11 Pro Lebih 'Tahan Banting'
iOS 13 Sudah Bisa Diunduh, Kamu Sudah Update?
Pengguna iPhone 6 Tak Akan Dapat Pembaruan iOS 13, Waktunya Ganti!
iPhone 11 Pro Max, Smartphone Dengan Bobot Paling 'Mantap'
Ini Teknologi Baru Apple yang Akan Gantikan Face ID

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini