iPhone 12 mini Punya Permintaan Tinggi, Apakah Android Bakal Mengikuti?

Kamis, 22 Oktober 2020 15:17 Reporter : Indra Cahya
iPhone 12 mini Punya Permintaan Tinggi, Apakah Android Bakal Mengikuti? iPhone 12 mini. ©2020 Apple via TonsGuide

Merdeka.com - Perusahaan analisis Kantar menyebut bahwa iPhone 12 akan membawa pemasukan yang tinggi untuk Apple lewat penjualannya yang fantastis. Hal ini berdasarkan analisis mereka yang menyebut bahwa 12 persen konsumen memiliki kriteria yang ditawarkan iPhone 12 mini: perangkat yang pas di tangan dan di saku.

Terlebih lagi, iPhone 12 mini menawarkan spesifikasi kelas premium dan juga konektivitas 5G dengan ukuran yang ringkas dan harga yang lebih murah pula.

Nah, jika kita melihat bagaimana Apple selalu jadi trendsetter dalam hal inovasi kamera, desain, maupun fitur, apakah kali ini Apple akan kembali jadi trendsetter untuk mengembalikan perangkat ukuran ringkas di Android?

Jawabannya mungkin tidak. Karena menurut Phone Arena yang mengutip leaker Digital Chat Station, tidak ada pabrikan Android yang berpikir ke arah ini. Pasalnya biaya penyesuaian komponen untuk smartphone berukuran kecil tidak sesuai dengan apa yang diminta konsumen.

Pasalnya, ada beberapa hal yang akan dikorbankan jika ukuran perangkat diperkecil, salah satunya ukuran baterai. Tidak terbayangkan bila demi desain kecil, ukuran baterai dipangkas dan akhirnya membuat satu kali pengecasan tidak tahan lama. Dan tentu, permintaan konsumen soal baterai yang tahan lama jauh, bahkan sangat jauh lebih banyak, ketimbang ukuran ringkas.

iPhone SE 2020 adalah perangkat iPhone terakhir yang ukuran baterainya belum diperbesar, dan dari banyak uci coba yang dilakukan media maupun Youtuber teknologi, ketahanan baterainya masih minim. Jika hal ini diaplikasikan ke Android yang kini makin canggih dengan jumlah kamera yang banyak dan layar kecepatan tinggi, ketahanan baterai akan jadi hal yang jadi tumbal.

iPhone 12 mini sendiri punya fitur seperti dukungan pengecasan cepat dan juga pengecasan nirkabel yang akan menunjang pengguna selalu mengecas meski baterainya cepat habis, dan terbukti dari iPhone SE original dan SE 2020, peminat iPhone ringkas memang banyak.

2 dari 2 halaman

Canggihnya iPhone 12 mini

Apple kembali memuaskan pengguna iPhone mungil dengan merilis smartphone 5G terkecil di dunia, yakni iPhone 12 mini. Ini adalah iPhone yang punya spesifikasi identik dengan iPhone 12 reguler, namun dengan ukuran yang bahkan lebih kecil dari iPhone SE 2020.

Soal ukuran, meski secara dimensi ukurannya lebih kecil dari iPhone SE 2020, bentang layarnya lebih besar yakni 5,4 inci. Hal ini membuat iPhone 12 mini jadi iPhone ukuran mungil yang telah menggunakan Face ID, sebuah perangkat yang nampaknya banyak direquest oleh Apple Fanboy.

Karena ukurannya yang mini pula, bahasa desain baru dengan desain mengotak dan bingkai 'metal' ala iPhone 5 jadi lebih terasa masuk. iPhone ini benar-benar nampak seperti iPhone 5 dengan segala sesuatunya yang jauh lebih canggih.

Salah satu perbedaan utama antara mini dan reguler adalah di resolusi layar, yang mengusung resolusi 960x2079 piksel. Resolusi yang sudah cukup besar untuk layar yang kecil.

Sisanya, iPhone 12 mini punya spesifikasi yang identik dengan iPhone 12: mulai dari layar OLED Super Retina XDR, dual kamera canggih, prosesor A14 bionic, serta konektivitas 5G. Sama dengan iPhone 12 pula, mini mengusung lima warna yakni Blue, Green, Black, White, dan (PRODUCT) RED.

Baca juga:
Adopsi iOS 14 Lebih Dari Seperempat Pengguna iPhone
Muncul Titik Hijau Di Bagian Layar Atas iPhone, Apakah Itu?
Spotify Kritik Layanan Bundel Apple One, Mengapa?
iPhone 12 Kalah Ngebut Dari iPhone 11 dan iPad Air Terbaru
Tak Masukkan Charger di Kotak iPhone 12, Apple Berpotensi Untung Besar
Ada Empat Model iPhone 12 Terbaru, Ini Cara Pilih yang Cocok Buatmu
iPhone 12 mini Adalah Perangkat Mungil yang Kehadirannya Ditunggu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini