iOS 13 Sudah Bisa Diunduh, Kamu Sudah Update?

Jumat, 20 September 2019 12:00 Reporter : Indra Cahya
iOS 13 Sudah Bisa Diunduh, Kamu Sudah Update? Ilustrasi Dark Mode iOS 13. ©2019 techradar.com

Merdeka.com - Jika Anda memiliki iPhone 6S atau yang lebih baru, Anda sudah bisa mendapatkan iOS 13 terbaru untuk diinstal.

Untuk mendapatkannya, langsung saja menuju setting, lalu pilih general, dan pilih software updates.

iOS 13 sendiri memiliki fitur berupa Dark Mode yang akan mengganti teks hitam di atas latar belakang putih menjadi teks putih di latar belakang hitam.

Hal ini akan lebih ramah ke mata kita di malam hari, serta mengheat baterai di deretan iPhone dengan OLED, seperti iPhone X, XS dan XS Max, serta 11 Pro dan 11 Pro Max.

Selain itu, keyboard QWERTY-nya akan bersifat swipeable, serta FaceTime di iOS terbaru ini akan dibekali kemampuan AI.

iOS 13 ini akan mendapatkan pembaruan pertamanya, yakni iOS 13.1, pada 24 September mendatang. Pembaruan ini akan berupa pembagian ETA, Shortcut Automationsm serta encoding HEVC video yang akan mempermudah pengambilan gambar berbasis green screen di iPhone.

Peluncuran iOS 13.1 ini juga bersamaan dengan diluncurkannya iPadOS 13.1.

Berikut deretan fitur terbaru dari iOS 13.

1 dari 1 halaman

Fitur Terbaru iOS 13

  1. Peningkatan Performa: Seiring dengan update iOS 12 tahun lalu, Apple menekankan peningkatan performa pada iOS 13, terutama bagi perangkat yang lawas. Apple menjanjikan, Face ID akan membuka kunci 30 persen lebih cepat dan aplikasi akan terbuka dua kali lebih cepat.
  2. Dark Mode: Dark Mode ini akan jadi pembaruan visual paling besar yang dibuat Apple, sejak iOS diperkenalkan. Semua aplikasi milik Apple mendukung penggunaan dark mode, bahkan dock notifikasi.
  3. Keyboard Swipe Terbaru: Ini adalah fitur yang mirip pada keyboard SwiftKey, Swype, atau Gboard yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Apple menyebut keyboard swipe ini dengan nama "Quick Path".
  4. Reminder: Apple menghadirkan pembaruan Reminder pada iOS 13. Apple menambahkan fungsi "Today", "Scheduled", "Flagged", dan "All" sebagai opsi penyaringan untuk menyortir tugas.
  5. Update Apple Mail, Notes, dan Safari: Apple Mail diatur untuk mendapatkan pemformatan desktop baru. Kemudian, Safari mendapatkan preferensi per situs web. Selain itu, Notes mendapatkan tampilan galeri baru untuk melihat semua catatan yang dibuat pengguna sekaligus.
  6. Apple Maps: Apple disebut telah membangun ulang aplikasi Maps aslie Apple ini dari awal, dengan data peta yang lebih komprehensif dan mode baru yang mirip dengan Google Street View.
  7. Privasi: pengguna bisa memilih untuk memberikan data lokasi mereka ke aplikasi "sekali saja" untuk mencegahnya terus melakukan ping lokasi ketika pengguna memakai perangkat. Apple juga menghadirkan fitur "Sign in with Apple", dan secara otomatis dapat membuat alamat email baru per aplikasi.
  8. Profile Picture iMessage: iMessage kini menyerupai tampilan gambar profil dan nama display seperti WhatsApp dan Facebook Messenger. Dengan begitu, pengguna dapat berbagi nama dan foto dengan pengguna iMessage lainnya.
  9. Tool Baru untuk Edit Foto dan Video: Apple menghadirkan antarmuka baru untuk mengedit foto dan video pada iOS. Pengguna bisa mengedit berbagai kategori misalnya highlight, shadow, contrast, saturation, white balance, sharpness, definition, vignette, dan lainnya.
  10. Find My: Apple menggabungkan Find My Friends dan Find My iPhone menjadi satu dengan nama Find My. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melacak keberadaan teman-teman dan anggota keluarga serta perangkat yang hilang dalam waktu bersamaan.
  11. Penyimpanan Eksternal: iOS akhirnya bisa menarik file dari kartu SD dan USB flash drive untuk diimpor ke aplikasi Files.
[idc]

Baca juga:
iPhone 11 Pro Max, Smartphone Dengan Bobot Paling 'Mantap'
Deret Keunggulan Apple A13 Bionic, Prosesor Smartphone Paling Bertenaga!
Perbandingan iPhone 11 VS iPhone XR, Perlukah Anda Ganti Baru?
Deret Kecanggihan Kamera iPhone 11 Pro, Night Mode dan Video 4K Tanpa Goyang!
Apple Perkenalkan Apple Arcade, Layanan Langganan Gim Bulanan
iPhone 7 Disuntik Mati, Tumbal Lahirnya iPhone 11

Topik berita Terkait:
  1. IPhone
  2. IOs
  3. Apple
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini