iOS 13 Peringatkan Pengguna Soal Pelacakan Data, Pengguna Tak Lagi Terlacak

Senin, 6 Januari 2020 12:24 Reporter : Indra Cahya
iOS 13 Peringatkan Pengguna Soal Pelacakan Data, Pengguna Tak Lagi Terlacak Notifikasi Pelacakan Data iOS 13. ©2020 phonearena.com

Merdeka.com - Apple memperkenalkan iOS 13 pada September lalu, dan salah satu perhatian Apple yang ditorehkan pada pembaruan software ini adalah soal privasi data pengguna.

Nah dengan ini, salah satu fitur dari iOS terbaru ini memberi pengingat kepada pengguna soal berapa kali sebuah aplikasi melacak lokasi pengguna, selama tiga hari ke belakang.

Melansir laporan dari Phone Arena, salah satu contoh pengaplikasian dari fitur ini adalah sebuah notifikasi berbunyi "Google Maps telah menggunakan lokasi Anda sebanyak 120 kali selama tiga hari terahir. Apakah Anda ingin melanjutkan untuk memperbolehkan penggunakan lokasi Anda di latar belakang?"

Karena notifikasi ini, bisa dikatakan bahwa pengguna sedikit 'parno' jika lokasinya dilacak.

Berdasarkan laporan dari The Wall Street Journal, akhirnya "puluhan juta" pengguna iPhone telah memblokir izin pelacakan aplikasi seperti Google Maps di iPhone mereka.

Untuk informasi ini WSJ mengutip sebuah firma teknologi bernama Location Sciences yang memverifikasi akurasi dan kualitas data lokasi yang digunakan untuk iklan tertarget berdasarkan kedekatan wilayah.

Hal ini menyiratkan bahwa pengguna iPhone tidak tahu bahwa lokasi mereka selama ini memang dilacak di latar belakang oleh aplikasi yang terinstal di iPhone mereka. Semenjak ada notifikasi ini, pengguna akhirnya sadar.

Baca Selanjutnya: Meski demikian pelacakan data ini...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Smartphone
  3. IOs
  4. Apple
  5. IPhone
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini