KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Internet Indonesia ternyata tidak lelet

Minggu, 2 Februari 2014 16:33 Reporter : Arif Pitoyo
ilustrasi internet cepat. © Snowball.co.za

Merdeka.com - Merdeka.com - Hasil survey yang diungkapkan Akamai ternyata menuai berbagai kontroversi. Setelah komentar aneh dari Menkominfo Tifatul Sembiring yang mengatakan untuk apa internet kencang, kini sejumlah praktisi dan pengamat menilai internet Indonesia sebenarnya tidak lelet.

Sekjen Indonesia Broadband Wireless Indonesia (IdBWI) Yohanes Bambang Sumaryo mengatakan kecepatan sebenarnya meningkat, tapi kontennya makin berat, karena makin banyak iklan numpang yang mengganggu pengguna termasuk iklan kampanye.

Sementara itu, Ketua Bidang Keamanan Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Irvan Nasrun mengatakan total kecepatan meningkat, tapi kecepatan untuk mengakses suatu content peruser menurun.

“Namun, internet Indonesia akan lebih kencang pada 2015 saat jaringan serat optic sudah terhubung ke Australia secara langsung,” katanya.

Dia mengungkapkan saat ini, Trident dengan vendor nya Fujitsu tengah membangun jaringan serat optic yang melintasi Indonesia ke Australia dengan nama jaringannya Trident Subsea Cable (TSC).

Ketua Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Rudi Rusdiah mengungkapkan euphoria TIpikor dan penegakan hukum membuat pembangunan internet di pedesaan menjadi terhambat dan banyak yang takut.

“Hal ini lah yang membuat begitu parahnya digital divide di Indonesia. Jangankan di desa, di kota besar pun masih banyak daerah-daerah blank spot,”  tuturnya.

Kecepatan internet di Indonesia juga tergambar dari layanan yang disediakan operator. Bolt dari internux misalnya, menawarkan perangkat dengan kecepatan 72 Mbps yang mencakup kawasan Jabodetabek.

Indosat juga menawarkan kecepatan akses internet hingga 20 Mbps melalui Super Wi_fi yang bisa dinikmati pengguna di perangkatnya sekitar 8 Mbps. Kecepatan 3G Telkomsel dan XL juga kurang lebih sama, yaitu di kisaran 7-8 Mbps.

D Bali, saat Telkomsel dan XL berkesempatan menggelar LTE, kecepatan download internet mencapai 20 Mbps ke user, bahkan ada yang bisa 35 Mbps dengan lebar frekuensi yang dipakai 5 MHz.

Baca juga:
Khawatir kiamat internet, mahasiswa turun ke jalan
Internet Indonesia disebut lelet, ini jawaban Tifatul

Topik berita Terkait:
  1. Internet
  2. Internet Indonesia

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.