Internet Indonesia akan mati selama 20 menit jam 2 pagi nanti

Sabtu, 8 Februari 2014 21:49 Reporter : Dwi Zain Musofa
Internet Indonesia akan mati selama 20 menit jam 2 pagi nanti ilustrasi koneksi internet putus. © Citizengame.co.uk

Merdeka.com - Malam ini untuk pertama kalinya IDC akan mematikan jalur internet Indonesia yang dikenal dengan OpenIX.

Berdasarkan pengumuman dari IDC, jadwal maintenance OpenIX yang menyebabkan matinya internet Indonesia ini diperkirakan akan berlangsung pada pukul 02.00wib s/d 02.30 WIB hari Minggu tanggal 9 Februari esok.

Padahal sejak 1996 jalur internet Indonesia tidak pernah mati, tetapi maintenance terkait penggantian router kali ini memaksa OpenIX harus dimatikan.

Router Forc10 buatan Dell yang dibeli seharga USD 350 ribu ini saat ini rusak dan pihak Dell telah mengirim versi terbaru bernama Dell E1200i dengan harga USD 750 ribu yang dilengkapi dengan 200 ports yang dapat menanggung beban data hingga 130GB.

"Ini untuk pertama kalinya sejak saya menjalankan internet exchange di Indonesia," kata Johar, tokoh Internet Indonesia, selaku pemilik IDC.

Diperkirakan OpenIX akan mati kurang lebih selama 20-30 menit. Penggantian router ini akan dilakukan oleh 10 engineer secara bersamaan, mereka ada yang ditugasi untuk mencabut kabel dari router yang lama. Sedangkan engineer lainnya bertugas untuk memasang kabel ke router yang baru.

Baca juga:
Diserang hacker dua hari, situs Demokrat terpantau normal
Dengan teknik ini, era hacker diklaim akan berakhir
Internet Indonesia ternyata tidak lelet
Khawatir kiamat internet, mahasiswa turun ke jalan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini