Inilah resiko saat mengunduh game bajakan

Rabu, 26 Juni 2013 00:47 Reporter : Sannidya Ayu Andriana
Inilah resiko saat mengunduh game bajakan illustrasi bajakan. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Di Indonesia, menggunakan game bajakan pada perangkat tablet atau smartphone adalah sesuatu yang sudah dianggap biasa. Apalagi didukung dengan mudahnya proses membajak seperti jailbreak iPhone atau rooting pada Android. Namun, bukan lantas tindakan ini legal dan dapat dibenarkan.

Bagi pengguna Apple, Anda boleh sedikit lega, karena Apple memberlakukan prosedur yang ketat untuk setiap game yang dirilis di App Store. Sedangkan untuk Android, proses reviewnya jauh lebih sederhana, sehingga banyak aplikasi tipuan yang lolos di Google Play. Lalu apa saja resiko yang Anda hadapi saat mengunduh game bajakan dan asli yang disusupi oleh program jahat? Berikut penjelasannya seperti yang dilansir oleh situs Trend Micro.

Ketika Anda memasang sebuah game bajakan, game ini dapat dengan mudah membaca contact book dan melihat data dari seluruh teman Anda. Game ini mencuri data dan mengirimkannya kepada server pusat. Data ini kemudian dapat digunakan dalam spam pada sebuah email yang menjual produk tertentu.

Beberapa virus dapat mengakses root di perangkat Android, jika ini terjadi, maka virus dapat menghapus seluruh isi perangkat Anda atau menghapus sebuah aplikasi tertentu. Seperti menghapus Anti Virus dan kemudian menggantinya dengan sebuah anti virus palsu, yang sebenarnya adalah virus.

Anda tentu tahu layanan premium yang sangat menyedot pulsa Anda bukan? Ketika virus mendapatkan akses ke perangkat Anda, maka dia dapat dengan mudah mengirimkan SMS ke layanan premium sehingga Anda akan dikenakan biaya yang mahal. Tentu saja si pembuat virus ini telah bekerja sama dengan penyedia layanan premium.

Yang terakhir, seluruh aktivitas di perangkat Anda akan dimata-matai. Username dan password dari akun pribadi Anda dapat diketahui. Program jahat ini bahkan dapat mengetahui keberadaan Anda melalui GPS yang diakses secara dia-diam.

Meskipun jailbreak dan rooting tidak selalu bertujuan untuk membajak game, namun alasan terbesar seseorang melakukan jailbreak atau rooting adalah untuk dapat mengunduh aplikasi atau game bajakan secara gratis.

Untuk pengguna iOS disarankan untuk tidak melakukan jailbreak, sedangkan untuk pengguna Android pastikan untuk tidak melakukan rooting. Karena akan mempermudah virus untuk mendapatkan akses. Serta selalu mengunduh game dan aplikasi dari Google Play. [sny]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini