Ini rahasia sukses Steve Jobs untuk Apple hingga meroket sampai sekarang

Kamis, 14 Juni 2018 06:06 Reporter : Yoga Tri Priyanto
steve jobs. digitaltrends

Merdeka.com - Siapa yang tak tahu Steve Jobs? Pendiri Apple ini adalah sosok fenomenal di dunia teknologi. Bahkan saat ini, perusahaan yang dulu dirintisnya tengah berada di puncak kejayaan.

Banyak orang yang mengagumi Jobs sebagai sumber semangat untuk melakukan inovasi. Tentu inovasi itu penting, tapi ternyata setelah melakukan inovasi, Jobs memiliki kunci lain, yaitu kesabaran.

Dilansir Forbes, Senin (11/9/2018), Howard Yu, seorang penulis dan profesor manajemen dan inovasi dari Sekolah Bisnis IMD, menjabarkan kebijaksanaan dan kesabaran Jobs dalam memperhatikan kondisi sebelum mengambil langkah.

Ternyata, salah satunya adalah kesabaran menunggu saat yang tepat. Hal ini tercermin lewat kutipan Jobs berikut ini.

"Gelombang-gelombang teknologi ini, kamu bisa melihat mereka sebelum kedatangannya, dan kamu harus memilih dengan bijak ke mana kamu mau berselancar. Bila kamu memilih dengan tidak bijak, kamu akan buang-buang tenaga, tapi bila kamu memilih dengan bijak, maka yang selanjutnya terjadi akan cukup lambat. Butuh bertahun-tahun."

Yu menjelaskan bahwa ucapan Steve Jobs tersebut mengarah pada fakta ia menunggu sampai dua tahun sebelum menemukan kesempatan untuk meluncurkan iPod ke pasaran.

"Pihak-pihak lain langsung terjun dan merilis MP3 Player mereka, tapi gagal," jelas Yu.

Ia menjelaskan kegagalan produk lain sebelum iPod dikarenakan pada saat itu broadband internet masih lambat, sehingga pengguna MP3 Player jadi ikut kesulitan melakukan download lagu.

"Jobs menunggu dulu sampai terjadi peningkatan kualitas broadband yang akhirnya terjadi," tandasnya.

Lewat pengalaman Steve Jobs, Yu menjelaskan butuhnya disiplin dalam menunggu dan tekad untuk terus maju, karena dua hal itu dapat menghasilkan kepemimpinan yang efektif.

Dan inilah petuah terbaik dari Steve Jobs untuk mereka yang masih ragu mengejar impiannya.

Meski Jobs sudah meninggal, nasihatnya ini akan terus menggema di seluruh dunia.

"Waktumu terbatas, jadi jangan menyia-nyiakannya untuk hidup di kehidupan orang lain. Jangan sampai terjebak dogma, yang merupakan hasil dari hidup di dalam pemikiran orang lain. Jangan membiarkan berisiknya opini orang lain menenggelamkan suara hatimu. Dan yang terpenting, miliki keberanian untuk mengikuti hati dan intuisimu. Kedua hal itu sudah tahu apa sesungguhnya cita-citamu."

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com [ega]

Topik berita Terkait:
  1. Liputan6.com
  2. Apple
  3. Steve Jobs
  4. Teknologi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini