Ini rahasia dua startup Indonesia sukses besar raih pembeli

Kamis, 20 Oktober 2016 16:30 Reporter : Syakur Usman
Acara Facebook-Mobile Moves Commerce. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Platform Facebook telah berkembang dari media sosial menjadi media bisnis seperti penjualan, iklan dan branding. Di Indonesia, Facebook membagi kisah sukses startup Go-Jek dan Blibli.com mendorong penjualannya dengan memanfaatkan kekuatan peringkat mobile dan platform Facebook.

Dibungkus dalam event Mobile Moves Commerce di Jakarta, hari ini, Facebook Indonesia melaporkan, Go-Jek menggunakan Facebook dan Audience Network untuk menjangkau masyarakat Indonesia di perangkat mobile sejak peluncuran aplikasinya. Hasilnya, 22 juta aplikasinya diunduh hingga kini.

Ini dia hasil suksesnya:

Pertama, selama 18 bulan, Facebook membantu Go-Jek meraih 61 juta pengguna di Indonesia, yang 69 persen di antaranya merupakan pengguna Facebook Indonesia.

Kedua, aplikasi transportasi online ini juga menggunakan fitur penargetan seperti Custom Audiences dan Lookalike Audience untuk menjangkau wanita dan pria berusia 15-65 tahun di 15 kota besar Indonesia.

Ketiga, Go-Jek juga menggunakan Facebook SDK untuk mengukur jumlah orang yang berinteraksi dengan iklannya dan kemudian mengunduh aplikasi Go-Jek.

Terakhir, Go-Jek berhasil mencapai biaya USD 0,48 per install.

Selain Go-Jek, pelaku dagang online Blibli.com juga melakukan kampanye di Facebook selama 2 bulan.

Hasilnya sebagai berikut: 10 poin peningkatan ad recall, 7 poin peningkatan pada minat beli kaum perempuan, 59,2 persen target audiens bisa dijangkau, dan 57,7K peningkatan pembelian dari aplikasi.

Sri Widowati, Country Director Facebook Indonesia, menjelaskan platform Facebook kini berkembang sebagai hub dari individu ke bisnis, serta bisnis ke individu. Prinsipnya, kami menyediakan kesempatan bisnis bagi pengguna Facebook Indonesia, yang mencapai 88 juta pengguna per kuartal II tahun ini.

"Bahkan, kesempatan bisnis itu kadang bersifat global. Misalnya membuka potensi pembeli dari luar Indonesia," ujar Sri.

Kata dia, bisnis harus bisa beradaptasi dengan cepat terhadap strategi bisnis yg dapat menjangkau orang pada setiap langkah perjalanan belanja. Kami berkomitmen membantu bisnis berkembang seperti membangun merek, menghasilkan permintaan, dan mendorong penjualan. "Kami fokus membantu bisnis memiliki kesempatan untuk berkembang memiliki kampanye berinteraksi di TV dan Facebook."

Hadir dalam kesempatan ini, Deny Agsana, Senior Brand Manager Blibli.com, dan Piotr Jakubowski, Chief Marketing Officer Go-Jek.

Kata Jakubowski, Facebook menjadi mitra luar biasa sejak peluncuran bisnis kami pada 2015. "Facebook juga menjadi faktor utama yang mendorong pertumbuhan aplikasi Go-Jek, dan membantu kami menemukan pengguna dalam jumlah besar, yang tidak hanya mengunduh aplikasi, tapi juga menggunakannya seterusnya." [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Facebook
  2. Digital Startup
  3. GO Jek
  4. BliBli
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.