Ini planet yang diklaim mampu selamatkan manusia dari kiamat!

Jumat, 26 Agustus 2016 00:00 Reporter : Bramy Biantoro
Ini planet yang diklaim mampu selamatkan manusia dari kiamat! Planet Proxima b. © ESA/NASA/ESO/JPL/RICARDO RAMIREZ

Merdeka.com - Tata surya kita bukan tempat yang aman, banyak ancaman yang mengintai, mulai dari serangan asteroid sampai matahari yang menua (dan makin berbahaya) dari hari ke hari. Oleh karena itu, banyak ilmuwan yang percaya umat manusia butuh bumi kedua untuk menghindari kiamat.

Bukan planet Mars, planet yang dimaksud ilmuwan itu adalah Proxima b. Planet ini diperkirakan mengandung air dan mempunyai kondisi paling mirip bumi di jarak terdekat. Berikut fakta lengkapnya.

1 dari 4 halaman

Sedekat apa Proxima b dari Bumi?

Planet Proxima b. © ESA/NASA/ESO/JPL/RICARDO RAMIREZ

Proxima b mengelilingi bintang Proxima Centauri, bintang yang jaraknya paling dekat dengan matahari. Meski disebut 'dekat', jarak antara bumi dan Proxima b adalah 4 juta tahun cahaya atau 25 triliun mil.

Tapi ilmuwan mengatakan hal ini bukan masalah, sebab teknologi pesawat luar angkasa baru dengan kecepatan super bisa diwujudkan beberapa dekade lagi. Terlebih, NASA saat ini saja sudah mengetes roket pendorong 'SLS' yang bakal membawa pesawat ruang angkasa Orion ke Mars di tahun 2018.

2 dari 4 halaman

Apakah Proxima b cukup besar untuk jadi rumah kedua manusia?

Planet Proxima b. © ESA/NASA/ESO/JPL/RICARDO RAMIREZ

Saat ini jumlah manusia di Bumi ada 7 miliar orang, tentu butuh planet lebih besar dari Bumi untuk menampung manusia nantinya. Untungnya hal ini tidak menjadi masalah bagi Proxima b.

Planet ini mempunyai komposisi daratan mirip Bumi dan didominasi oleh batuan. Ukurannya juga hanya 1,3 kali ukuran Bumi. Ingat semakin besar sebuah planet, gaya gravitasinya akan semakin besar dan berbahaya bagi manusia.

3 dari 4 halaman

Bagaimana kondisi daratan Proxima b?

Planet Proxima b. © ESA/NASA/ESO/JPL/RICARDO RAMIREZ

Jarak Proxima b hanya 7,5 juta kilometer dari bintangnya, Proxima Centauri. Jarak ini hanya 5 persen jarak Bumi dan matahari. Lalu, apakah hal ini tidak berbahaya? Jawabannya tidak.

Sebab Proxima Centauri bukan bintang cerah seperti matahari, melainkan bintang 'red dwarf' yang redup. Hasilnya, daratan planet ini suhunya -90 sampai 30 derajat Celcius. Walaupun suhu rendahnya terbilang ekstrem, namun lebih banyak planet yang lebih dingin atau panas.

4 dari 4 halaman

Bisakah manusia hidup di Proxima b?

Planet Proxima b. © ESA/NASA/ESO/JPL/RICARDO RAMIREZ

Ini mungkin pertanyaan yang paling ingin diketahui jawabannya oleh publik. Untuk saat ini mungkin masih mustahil, tapi perkembangan teknologi di masa depan bisa menutupi kekurangan ini.

Radiasi di Proxima b lebih tinggi dari Bumi karena jarak yang dekat dengan bintangnya. Hal ini juga membuat cuaca di Proxima b sedikit berbeda dari Bumi. Untungnya, planet ini memiliki atmosfer, air, karbondioksida, dan bebatuan bagi manusia untuk pertanian. Dan satu lagi, satu tahun di planet ini sama dengan 11-12 hari di Bumi.

Melihat tingginya peluang manusia bertahan hidup di planet Proxima b, ilmuwan dalam waktu dekat akan mengirim satelit khusus untuk mengamati planet tersebut. Tidak hanya sekedar observasi saja, ilmuwan bahkan berharap bisa menemukan alien di Proxima b.

Sumber: Space.com, Daily Mail [bbo]

Baca juga:
Benarkah lokalisasi 'robot seks' bermanfaat bagi manusia?
Begini cara ilmuwan tahu orang depresi lewat foto Instagram
Mengapa kita seringkali mengalami 'deja-vu?'
Mengapa suara kita terdengar berbeda ketika direkam?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini