Ini 'permata' tersembunyi dari browser Chrome

Rabu, 30 September 2015 06:28 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Ini 'permata' tersembunyi dari browser Chrome Chrome. © Deviantart.com

Merdeka.com - Google Chrome adalah browser yang merajai dunia internet selama 7 tahun ini. Merayakan ulang tahun ke-7 pada bulan September ini, Google Chrome merupakan browser pertama yang menggabungkan address bar dengan kotak pencarian.

Jika menggunakan browser ini, terlihat bahwa Chrome memiliki desain yang sederhana dan rapi. Namun, dibalik kesederhanaannya, Chrome mempunyai berbagai kelebihan yang tidak semua orang tahu. Apa saja?

Berikut 7 'permata' terbaik Chrome yang tersembunyi, seperti dilansir dari Tech Radar.

1 dari 6 halaman

Mengubah penampilan

Hal tersembunyi di Chrome. © techradar.com

Bukan hanya bisa mengganti tema, Google Chrome juga bisa mengubah tampilan tab baru pada Chrome. Salah satunya adalah ekstensi yang canggih bernama Momentum. Apa bedanya dengan tema atau tampilan default Chrome?

Saat membuka tab baru, bukan lagi menampilkan halaman web yang sering Anda kunjungi, namun Chrome akan menampilkan gambar keren dengan informasi waktu. Ekstensi Momentum akan menyajikan apa yang harus dikerjakan, kutipan hari ini, link favorit, dan untuk melengkapi itu semua, ada background pemandangan yang indah yang disesuaikan dengan waktu saat itu.

Anda hanya perlu mengisi nama, email, dan password agar semua data yang Anda miliki bisa tersimpan rapi di browser kesayangan Anda.

2 dari 6 halaman

Chrome DevTools

Hal tersembunyi di Chrome. © techradar.com

Pernah melihat kode yang digunakan untuk membangun sebuah website? Hal ini penting untuk para pengembang dan mungkin untuk kita semua. Chrome Developer Tool terdiri dari rangkaian lengkap debugging dan widget, yang memungkinkan Anda melihat halaman Web HTML, CSS, PHP, atau yang lain-lainnya.

Ini adalah cara cepat untuk menemukan sumber gambar atau video yang terdapat pada halaman website tertentu. Anda juga bisa update halaman web dengan cepat atau memperbaiki tampilan website lebih menarik.

Untuk membuka DevTools ini, Anda hanya perlu klik kanan dan pilih 'Inspect Element' atau periksa elemen.

3 dari 6 halaman

Menjalankan aplikasi Android

Hal tersembunyi di Chrome. © techradar.com

Ada banyak aplikasi dan ekstensi yang ditawarkan oleh Chrome untuk menjalankan aplikasi Android. Jika tidak ada yang sesuai dengan keinginan, Anda bisa memakai Android Runtime for Chrome (ARC).

Anda harus mempunyai APK aplikasi tersebut, Chrome minimal versi 41, dan aplikasi ARC Welder yang bisa Anda dapatkan di Chrome Web Store. Langkahnya, buka ARC Welder, lampirkan APK yang ada, kemudian pilih opsi yang ditampilkan sesuai keinginan. Terakhir, klik 'Launch App' untuk menguji aplikasi tersebut.

4 dari 6 halaman

Jalan pintas menggunakan keyboard

keyboard. © makeuseof.com

Jika Anda sedang malas menggunakan mouse atau touch pad pada laptop, Anda bisa menggunakan keyboard untuk melakukan banyak perintah. Berikut cara pintas yang harus Anda ketahui ketika menggunakan Chrome:

Ctrl + L = blok alamat website pada address bar

Ctrl + T = membuka tab baru

Ctrl + W = menutup tab yang sedang dibuka

Ctrl + Shift + T = membuka kembali tab yang tertutup

Ctrl + Tab = beralih dari tab satu ke tab yang lain

Ctrl + Shift + B = mengaktifkan dan non-aktifkan bookmark 

5 dari 6 halaman

Ekstensi Flash

Hal tersembunyi di Chrome. © techradar.com

Banyak website yang membutuhkan plugin Flash yang biasanya mengganggu. Dengan menggunakan ekstensi bernama Flashcontrol, konten web yang membutuhkan plugin Flash akan dinonaktifkan secara default. 

Anda bisa mengaktifkan konten tersebut dengan klik area yang diblokir atau melalui ikon Flashcontrol address bar. Anda juga bisa mengembalikan konten yang sudah Anda blokir tersebut. Hal ini bisa membantu mengurangi beban komputer dan menjaga keamanan, agar konten tidak otomatis dimuat tanpa izin Anda.

Ekstensi ini bisa dengan mudah Anda temukan di Chrome Web Store. Anda bisa menemukan plugin ini di chrome://plugins.

6 dari 6 halaman

Mematikan suara pada tab Chrome

Hal tersembunyi di Chrome. © techradar.com

Beberapa halaman website, kadang spontan memainkan beberapa video atau audio, seperti yang terlihat pada beberapa iklan online. Jika Anda membuka banyak tab, suara tersebut pasti mengganggu Anda, dan bingung tab mana yang memainkan suara tersebut.

Hal ini bisa diatasi dengan cara membuka chrome://flags/#enable-tab-audio-muting. Dengan cara tersebut, ketika ada web yang langsung memainkan video atau audio, Anda bisa non-aktifkan dengan cara klik tombol speaker pada tab tersebut.

Itulah 6 hal yang tersembunyi dari Google Chrome. Anda bisa mencobanya langsung mulai saat ini. Selamat mencoba! [lar]

Baca juga:
Situs mobile Facebook kini dapat pemberitahuan langsung dari Chrome
Cara jitu menjalankan aplikasi Android di komputer
Mulai dari polisi hingga presiden, salah tulis ini bikin tertawa
Satu tahun, jumlah pengguna Chrome mobile naik 10 kali lipat!

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini