Ini mesin sandi langka Nazi yang dijual murah di internet

Selasa, 31 Mei 2016 14:09 Reporter : Bramy Biantoro
Ini mesin sandi langka Nazi yang dijual murah di internet Mesin sandi Nazi di Perang Dunia 2. © Wikimedia/Computerweekly

Merdeka.com - Publik inggris baru saja dikagetkan oleh kemunculan sebuah mesin sandi Nazi yang dijual di situs jual beli eBay. Untungnya, teknologi langka ini berhasil didapatkan oleh Museum Komputer Nasional Inggris (NMC).

Kisah bermula saat relawan dari NMC, John Whetter, melihat sebuah iklan lelang mesin telegram lawas di eBay. Relawan itu lantas menyadari bila itu bukanlah mesin telegram biasa tetapi mesin sandi era Perang Dunia ke-2 bernama "Lorenz SZ42".

mesin sandi nazi di perang dunia 2

Mesin sandi Nazi di Perang Dunia 2 © Computerweekly

Lorenz SZ42 adalah mesin telegram yang dapat mengubah pesan menjadi sandi rumit yang nyaris mustahil untuk dipecahkan. Tak aneh bila Lorenz SZ42 kemudian dipakai oleh Adolf Hitler untuk berkomunikasi dengan petinggi-petinggi Nazi.

Kembali ke relawan tadi, Whetter langsung menelepon si penjual mesin tadi dan mendatangi rumahnya di kawasan Essex, Inggris. Di sana Whetter menemukan mesin Lorenz SZ42 masih dalam kondisi baik bersama dengan koper tempat penyimpanan aslinya. Hanya bagian dinamo listrik dari alat itu yang dikabarkan hilang.

Tidak menunggu lama, Whetter langsung membeli mesin langka tersebut seharga 9,50 poundsterling atau Rp 189 ribu. Setelah melalui proses pembersihan dan penelitian lanjutan, ilmuwan yakni bila mesin itu adalah Lorenz SZ42. Ini terbukti dari adanya numor seri militer dan lambang swastika khas Nazi.

Sandi mesin Lorenz SZ42 akhirnya berhasil dipecahkan oleh pakar matematika Inggris Bill Tutte. Pemecahan sandi ini sendiri diklaim sebagai terobosan di dunia komputasi modern.

Sumber: The Guardian [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini