Ini konsol game paling mahal di dunia, harganya setara sepeda motor

Jumat, 18 Maret 2016 13:49 Reporter : Bramy Biantoro
Ini konsol game paling mahal di dunia, harganya setara sepeda motor Konsol NEO GEO. ©Giantbom.com

Merdeka.com - Soal konsol game mana yang terbaik, tentu gamer pasti punya jawaban tersendiri. Ada yang menjawab PlayStation-nya Sony, Xbox dari Microsoft, atau Wii U besutan Nintendo. Namun, untuk urusan harga, ketiga konsol game mainstream di atas kalah jauh dari 'NEO GEO'.

NEO GEO adalah konsol game premium buatan SNK Corporation yang dirilis tahun 1990 silam. Nah, pada tahun 2013 kemarin, NEO GEO diplot sebagai konsol game rumahan paling mahal dengan harga USD 1179 (Rp 15 juta).

Karena harganya yang mahal, awalnya NEO GEO hanya dijual untuk pusat-pusat permainan game arcade sebagai konsol rental. Tetapi, akibat tingginya permintaan, SNK akhirnya merilis versi 'Home-gaming' NEO GEO.

Saat pertama diluncurkan, NEO GEO adalah konsol game terbaik di pasaran. Bahkan kombinasi prosesor dan kartu grafisnya mengalahkan komputer di era tahun 1990an. Konsol ini mampu memainkan game berbasis cardridge yang beken saat itu. Game-game NEO GEO yang terkenal antara lain Fatal Fury, The King of Fighters, dan Metal Slug.

Konsol NEO GEO ©Atariage

Hingga tahun 1997, konsol NEO GEO dan penerusnya, NEO GEO CD, dilaporkan terjual hingga 980 ribu unit di seluruh dunia. Bahkan, di tahun 2009 lalu, situs game IGN menjadikan NEO GEO sebagai konsol game terbaik ke-19 sepanjang masa. Sayangnya, konsol jadul ini sudah resmi pensiun di tahun 2007 lalu. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Game
  2. Konsol Game
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini