Ini Kekurangan Utama Dari AirPods Pro, Jadi Tak Menarik Dibeli?

Kamis, 7 November 2019 12:54 Reporter : Indra Cahya
Ini Kekurangan Utama Dari AirPods Pro, Jadi Tak Menarik Dibeli? AirPods Pro. ©2019 Apple

Merdeka.com - AirPods Pro diperkenalkan Apple dengan deretan fitur "Pro" seperti noise cancellation papan atas, Adaptice EQ, Transparancy Mode, hingga kemampuan baterai tahan lama.

Namun permasalahan utama dari earphone nirkabel ini muncul kala dilakukan pembongkaran komponen dari earphone ini oleh akun Youtube spesialis bongkar gadget iFixit.

Seperti yang diungkap oleh Phone Arena, permasalahan utama dari AirPods Pro adalah perangkat ini 'sekali pakai.'

Yang dimaksud sekali pakai bukan karena earphone ini hanya bisa dipakai sekali, namun kala baterai rusak, baterai ini tak bisa diganti.

Ini adalah masalah utama, karena baterai adalah sebuah benda yang akan makin lama makin rusak. Jadi, menggunakan AirPods Pro semacam bom waktu yang mengharuskan kita menunggu kapan rusak dan tak ada cara untuk menggantinya.

1 dari 2 halaman

Seharusnya Bisa Direparasi?

Jika Anda bertanya, apakah semua earphone nirkabel demikian? Jawabannya tidak. Pasalnya sudah jadi standar bahwa segala kerusakan gadget harus bisa direparasi.

Sebagai komparasi, Samsung Galaxy Buds yang berada di segmentasi serupa, menggunakan sebuah baterai koin standar yang dapat dibeli terpisah dan diganti ke earphone Anda jika baterai telah rusak.

Sony WF-1000XM3 juga demikian, di mana baterai bisa dibeli dengan mudah di e-commerce dan kita tinggal membawanya ke tempat reparasi untuk menggantikan baterai rusak di earphone kita.

Mungkin, hanya Apple yang memperlakukan gadgetnya sebagai 'gadget yang tak bisa direparasi.'

2 dari 2 halaman

Fitur AirPods Pro

Meski demikian, AirPods Pro sendiri adalah salah satu earphone nirkabel tercanggih saat ini. Soal desain sendiri adalah aspek paling mencolok yang diubah oleh Apple. Pasalnya, bahasa desainnya berubah drastis. AirPods Pro mengusung desain yang lebih fokus ke bentuk dalaman telinga.

Sesuai dengan namanya yang "Pro", earphone ini membawa beberapa fitur canggih. Yang pertama adalah active noise cancellation yang menghilangkan background noise sehingga kita bisa fokus ke apa yang kita dengarkan, apakah itu musik, podcast, ataupun panggilan telepon.

Fitur noise cancellation ini dipadu Transparency Mode, di mana ini adalah kebalikan dari noise cancellation yang mungkin akan membuat pengguna abai dengan lingkungan sekitar. Fitur ini, akan memungkinkan pengguna untuk secara bersamaan mendengar musik serta tetap mendengar lingkungan sekitar.

Fitur selanjutnya adalah Adaptive EQ yang dapat secara otomatis menyesuaikan frekuensi rendah atau menengah tergantung bentuk telinganya.

Soal baterai, AirPods Pro dapat digunakan lebih dari 24 jam dalam sekali cas.

AirPods Pro dibanderol dengan harga USD 249, atau setara dengan Rp 3,5 juta. [idc]

Baca juga:
Gara-gara Bug, 22 Juta Rating Ratusan App Store Menghilang
iPhone 5G Dilaporkan Usung Prosesor 5 Nanometer
Cara Downgrade iOS Tanpa Kehilangan Data
Apple Umumkan AirPods Pro, Ini Fitur dan Spesifikasinya
Ini Spekulasi Tanggal Perilisan iPhone SE 2, Segera!
Apple Menjual 130 Ribu iPhone 11 di 'Kandang' Samsung
iOS 13 Disebut Bikin Baterai iPhone Makin Boros

Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. Gadget
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini