Ini kata ilustrator tentang kelebihan menggambar dengan Wacom

Kamis, 26 Oktober 2017 15:24 Reporter : Rizlia Khairun Nisa
Wacom. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Perkembangan teknologi membuat masyarakat Indonesia semakin dinamis untuk menciptakan banyak hal. Untuk itu, Wacon Co Ltd sebagai perusahaan teknologi asal Jepang yang merupakan pemimpin pasar untuk pen tablet di tingkat global tak hentinya mengeluarkan produk yang mendukung industri kreatif.

Wacom turut serta dalam menciptakan dunia kreatif. Wacom merupakan perintis digunakannya pen-based digital yang sekarang ini digunakan oleh prodeaiobql kreatif kenamaan di perusahaan besar di seluruh dunia, seperti Nike, Tesla, Industrial Light & Magic, dan Lucas film Ltd.

Produk Wacom didesain secara spesifik ditujukan untuk kebutuhan pasar dan pengguna. Target pasar dari Wacom sendiri di antaranya adalah bidang ilustrator profesional, desain grafis, fotografi, motion graphics, pendidikan kreatif. Namun, untuk saat ini menurut Country Manager, Indonesia Creative Business Unit, Bayu Eko Susetio, segmen terbesar masih pada bidang pendidikan.

"Secara segmented, market kami besar di edukasi, selain itu market kami juga besar di online," Kata Budi dalam sambutannya pada acara Wacom di Kembang Goela Restaurant, Setiabudi, Jakarta (26/10).

Dalam acara tersebut hadir pula Carricaturist, Illustrator, Graphic Designer, Oscar Budi Trianto. Dia berkesempatan untuk memperlihatkan kemampuannya dalam menggambarkan dengan menggunakan produk Wacom.

Menurutnya, menggambar dengan menggunakan digital memiliki beberapa kemudahan. Di antaranya, keuntungan yang didapat adalah dengan adanya control Z. Dengan ini ia dapat dengan mudah untuk menghapus bila ada kesalahan. Berbeda bila menggambar dengan non digital, ia harus lebih ekstra hati-hati agar tidak membuat kesalahan.

Kemudahan lainnya, kata Oscar, dia sangat terbantu dengan adanya fitur layering. "Layering itu sangat membantu, jadi lebih praktis," katanya.

Dengan menggunakan Wacom sebagai media menggambar, khususnya Wacom Cintiq, Oscar merasa seperti menggambar manual, bedanya dengan menggunakan Wacom menggambar akan menjadi lebih mudah.

"Menggunakan Cintiq yang langsung layar, sama dengan menggunakan yang non digital. Dan kemudahannya lagi kalau yang pake Cintiq yang langsung layar itu kita bisa zoom out zoom in," lanjutnya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Gadget
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini